Resep Kue Lapis Tepung Beras

Resep kue lapis yang saya bagi di sini menggunakan tepung beras full tidak dicampur dengan tepung lain. Tekstur kue lapis tepung beras paling lembut dan tidak kenyal. Sedangkan kue lapis yang dicampur tepung terigu atau tepung sagu biasanya lebih kenyal.

Resep Kue Lapis Tepung Beras

Resep Kue Lapis Tepung Beras


Waktu memasak: ±60 menit

Bahan yang dibutuhkan:
·      250 gram tepung beras rose brand
·      250 gram gula pasir
·      800 ml  santan dari ½ butir kelapa
·      1 lembar daun pandan, ikat simpul
·      ½  sdt garam, atau sesuai selera
·      1 sdt  pewarna makanan pink, boleh diganti sesuai selera
·      Minyak goreng sedikit untuk olesan loyang


Cara membuat:
·      Didihkan santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk pelan-pelan supaya santan tidak pecah. Setelah mendidih, padamkan api. Biarkan rebusan santan dingin.
·      Campur tepung beras dan gula di wadah yang lain, kemudian tuang santan yang sudah dingin. Tuang santan sedikit-sedikit sambil diaduk supaya tidak ada tepung yang menggumpal.
·      Bagi adonan menjadi dua wadah. Satu adonan diberi pewarna pink, dan adonan lain dibiarkan polos. Anda boleh atur warna sesuai selera. Aduk rata adonan supaya pewarna tidak menggumpal.
·      Oles loyang dengan minyak goreng. Resep ini menggunakan loyang alumunium persegi ukuran 16x16x7cm. Anda bisa menggantinya dengan loyang bentuk lain.
·      Panaskan dandang kukusan, kemudian masukkan loyang ke dalam dandang. Bungkus penutup dandang dengan kain lap kering dan bersih untuk mencegah air uap jatuh ke kue. Tutup dandang sampai menguap.
·      Setelah banyak uap, tuang 100ml adonan warna pink ke loyang. Kukus selama 5 menit atau sampai permukaan kue tidak lengket.
·      Setelah 5 menit, tuang 100ml adonan warna polos kukus lagi 5 menit. Lakukan terus selang-seling tiap 5 menit untuk membuat kue berlapis-lapis.
·      Di bagian terakhir, tuang sisa adonan sampai habis kemudian kukus lagi selama 15 menit.
·      Padamkan api, angkat loyang dari dandang. Setelah kue benar-benar dingin, baru keluarkan kue dari loyang lalu potong-potong menggunakan pisau plastik.
·      Kue lapis tepung beras siap disajikan.


Catatan:
·      Santan dari ½ butir kelapa bisa diganti dengan santan kara siap pakai.
·      Pisau untuk memotong kue harus menggunakan pisau plastik atau pisau biasa yang dilapisi plastik supaya tidak lengket.


0 komentar:

Post a Comment

-- Jangan berkomentar kasar/spam/p*rn --