10 Jenis Bunga Hias Paling Cocok untuk Pot Gantung

Memajang pot bunga gantung memang bisa memberi keindahan tersendiri di taman atau teras rumah, tapi tidak semua bunga cocok ditanam di pot bunga gantung. Memilih jenis bunga yang pas untuk ditanam di pot gantung perlu mempertimbangkan ukuran bunga, dan cara perawatan yang sesuai.
Karena itu sekarang saya ingin membantu anda dalam memilih jenis bunga hias yang paling cocok untuk pot gantung:

1. Petunia
1. Bunga Hias Petunia
Bunga Hias Petunia
Bunga petunia terdiri dari 35 spesies berbeda di dunia, serta memiliki banyak warna dan tekstur. Varietas besar itu menghasilkan petunia mekar tunggal atau ganda dalam berbagai bentuk dan ukuran. Grandiflora, cascadia dan surfinia adalah varietas petunia terbaik untuk tumbuh di pot gantung.

Penyiraman seminggu sekali sudah cukup untuk petunia. Tempat terbaik untuk menanam petunia adalah di lokasi dengan banyak cahaya. Petunia akan mekar berulang kali sepanjang musim panas. Bunga petunia berwarna-warni juga menyebarkan keharuman indah di udara saat mekar.


2. Lantana
2. Bunga Hias Lantana
Bunga Hias Lantana
Bunga lantana memiliki segudang warna. Saat berbunga, tanaman lantana menghasilkan kumpulan bunga tubular yang indah dalam berbagai warna termasuk putih, pink, kuning, jingga, dan ungu.

Lantana adalah bunga yang ideal untuk tumbuh di keranjang gantung. Pajang pot tanaman bunga lantana di tempat yang hangat dan cerah. Selama tahap pertumbuhan, lantana perlu sering disiram. Lantana mekar sepanjang musim panas dan gugur. Dalam satu tanaman bisa dilihat kelompok kecil bunga dengan warna yang bervariasi.


3. Fuchsia
3. Bunga Hias Fuchsia
Bunga Hias Fuchsia
Fuchsia memiliki banyak varietas yang bisa dipilih. Anda bisa menemukan bunga fuschia dalam satu warna dan dua warna dalam berbagai bentuk dan ukuran. Saat mekar penuh, bunga fuchsia yang berwarna-warni akan menggantung dari pot dan itu bisa menjadi pemandangan yang bagus untuk dilihat.

Tanaman bunga fuchsia lebih suka suhu dingin untuk pertumbuhan yang sehat, karenanya fuchsia harus ditanam di tanah yang lembab. Pemupukan setiap dua minggu penting untuk tanaman fuchsia. Waktu mekar fuschia bervariasi tergantung pada spesies dan iklim. Dalam kondisi normal,  fuchsia mekar antara bulan Maret dan April.


4. Begonia
4. Bunga Hias Begonia
Bunga hias Begonia
Begonia adalah tanaman berbunga yang mudah tumbuh, mudah dirawat, serta bisa tumbuh dengan baik dalam pot gantung dan jenis pot lainnya. Pilihlah tanah yang subur dan gembur untuk menanam bibit begonia. Sinar matahari penuh juga penting untuk tanaman ini. Bunga begonia berwarna-warni akan mekar antara bulan Juni sampai September.

Ada lebih dari 1.500 jenis begonia di dunia. Ukuran dan tampilan bunga begonia bervariasi tergantung pada spesiesnya. Bunga begonia hadir dalam berbagai warna termasuk pink, putih, merah, dan kuning.


5. Geranium
5. Bunga Hias Geranium
Bunga Hias Geranium
Bunga geranium termasuk jenis bunga yang sangat umum ditanam di pot gantung, tapi bagus juga ditanam di pekarangan atau dekat pagar. Bunga geranium memiliki banyak variasi ukuran dan warna. Biasanya berwarna pink, merah, putih, jingga, biru, dan ungu.

Musim semi adalah waktu yang bagus untuk mulai menanam bunga geranium, karena bunga geranium termasuk bunga yang suka mendapatkan banyak sinar matahari. Bunga ini bisa mekar hingga awal musim hujan. Tapi sebaiknya simpan tanaman bunga geranium di tempat yang tidak terkena air hujan langsung.


6. Lobelia
6. Bunga Hias Lobelia
Bunga Hias Lobelia
Lobelia adalah tanaman berbunga tahunan yang mudah tumbuh. Bunga lobelia yang indah adalah pilihan tepat untuk ditanam di pot gantung atau sebagai tanaman pagar. Ada sekitar 350-400 varietas lobelia di dunia.

Bunga-bunga berbentuk tabung yang berwarna-warni akan mekar antara Juni hingga Nopember. Bunga lobelia mekar dalam berbagai warna termasuk biru, kuning, ungu, putih, pink, dan merah. Tapi biru dan ungu adalah warna yang paling menonjol di antara spesies lobelia.


7. Clematis
7. Bunga Hias Clematis
Bunga Hias Clematis
Clematis adalah tanaman merambat yang menghasilkan  bunga dengan warna mencolok seperti merah, putih, biru, kuning, dan ungu, Ada 300 varietas clematis di dunia. Beberapa spesies clematis tumbuh 20 kaki tingginya. Clematis juga merupakan tanaman bunga yang bagus untuk pot gantung.

Pot bunga harus ditempatkan di tempat yang cerah. Penyiraman secara teratur juga penting untuk pertumbuhan tanaman clematis yang sehat. Umumnya, bunga clematis mekar dari bulan Juli hingga September.


8. Thunbergia alata (Black-eyed Susan Vine)
8. Bunga Hias Thunbergia alata (Black-eyed Susan Vine)
Bunga Hias Thunbergia alata (Black-eyed Susan Vine)
Thunbergia alata adalah tanaman memanjat yang tumbuh hampir 2,5 meter panjangnya. Saat mekar, tanaman menghasilkan bunga berbentuk tabung dengan lima kelopak dan titik hitam yang khas di tengah bunga. Kelopaknya berwarna jingga, merah, putih, dan kuning cerah. Thunbergia mekar berulang kali dari bulan Juli sampai bulan Oktober.

Thunbergia tumbuh baik di pot gantung dan jenis pot lainnya. Thunbergia sangat mudah tumbuh dari pemotongan. Cukup isi pot dengan tanah yang dikeringkan dengan baik, kemudian tanam potongan batang. Gantung pot di tempat yang mendapat sinar matahari penuh. Penyiraman rutin adalah keharusan selama musim tanam.


9. Million Bells (Calibrachoa)
9. Bunga Hias Million Bells (Calibrachoa)
Bunga Hias Million Bells (Calibrachoa)
Million Bells adalah sepupu petunia, bahkan keduanya sangat mirip. Million bells tidak akan layu saat suhu udara memanas. Bunga  Million Bells menghasilkan sedikit sekali benih. Anda tidak perlu memotong kepala bunga mati untuk membuat tanaman ini cepat berbunga. Yang paling dibutuhkan oleh tanaman Million Bells adalah tanah yang lembap dan sinar matahari penuh sepanjang hari.


10. Sweet Alyssum (Lobularia maritima)
10. Bunga Hias Sweet Alyssum (Lobularia maritima)
Bunga Hias Sweet Alyssum (Lobularia maritima)
Sweet alyssum adalah tanaman berbunga tahunan yang menghasilkan kelompok bunga kecil yang indah. Bunga-bunga sweet alyssum kecil hadir dalam warna putih, pink, merah, kuning, atau ungu. Sweet alyssum juga merupakan salah satu bunga paling harum di dunia.

Sweet alyssum tumbuh baik sebagai tanaman pagar ataupun di pot gantung. Setelah menanam bijinya, gantungkan pot di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh. Sweet alyssum harus sering disiram selama cuaca kering. Kelompok kecil bunga-bunga kecil yang cantik akan muncul sepanjang musim panas.


Jadi, bunga mana yang akan anda pilih untuk pot gantung di rumah anda?


0 komentar:

Post a Comment

-- Jangan berkomentar kasar/spam/p*rn --