Daftar 20 Bunga yang Bisa dan Aman Dimakan

Daftar nama dan jenis bunga yang bisa dimakan. Tidak hanya cantik, bunga-bunga ini juga lezat. Bunga-bunga ini bisa dimakan sebagai salad atau lalapan, dibuat sirup, dibuat kue, dibuat es krim, dibuat teh dan sirup, hingga dimasak jadi sup yang menggugah selera makan.

Daftar 20 Bunga yang Bisa dan Aman Dimakan
Daftar Bunga yang Bisa dan Aman Dimakan

20 Bunga yang Bisa Dimakan

1. Basil
Bunga basil yang putih kecil memiliki rasa khas yang menyegarkan. Cocok dimakan sebagai lalapan atau salad.


2. Borage
Teh bunga Borage dan Lemon. Foto: The Persian Pot
Bunga borage warna biru keunguan, rasanya seperti mentimun tapi sedikit manis. Borage bisa dibuat teh, dibuat sirup borage, ditambahkan pada makanan manis atau masakan gurih.

Tahukah anda? Teh borage berkhasiat menyembuhkan deman, flu, dan meredakan bronchitis.


3. Bunga matahari
Jelly bunga matahari. Foto: ©TheNerdyFarmWife.com
Biji bunga matahari sudah lama dikenal sebagai camilan. Padahal, kelopak bunga matahari juga bisa dimakan, dicampur dengan salad, ditumis dengan sayuran, atau dibuat jelly bunga matahari.


4. Chamomile
Es Krim bunga Chamomile dan Madu. Foto: 10thkitchen.com
Banyak yang menggunakan bunga chamomile sebagai bahan teh atau minuman lain. Tapi kelopak bunga chamomile bisa juga dimakan, penambah rasa dan aroma pada kue atau es krim, serta bisa dicampur dalam masakan seperti sup.


5. Chive
Cuka bunga Chive. Foto: Valerie Lugonja
Bunga chive yang berwarna pink-ungu memiliki rasa gurih seperti bawang. Chive bisa memberi rasa gurih pada masakan atau salad.

Anda bisa menggoreng bunga chive dengan adonan telur dan tepung. Bunga chive juga bisa diolah menjadi cuka (vinegar), untuk menggantikan cuka biasa yang ada di dapur anda.


6. Chrysanthemum
Bunga chrysanthemum memiliki rasa manis. Bunga ini sudah dikenal sebagai bahan pembuat teh chrysant. Ada yang membuat teh chrysant dari bunga kering, ada juga yang suka teh chrysant dari bunga segar. Selain itu, bunga chrysanthemum bisa dicampur dengan salad, sup atau masakan lain.


7. Dandelion
Tanaman dandelion masuk kategori bunga liar, tapi tanaman ini bisa dimakan dalam banyak cara. Bunga dandelion warna kuning, daun, dan tangkainya bisa dimakan. Tapi jangan makan bunga dandelion putih berbentuk putik yang mudah tertiup angin.

Bunga yang sudah tua (merekah sempurna) rasanya lebih pahit, jadi lebih baik dimasak dulu (misal digoreng atau ditumis). Sedangkan kuncup bunga muda rasanya lebih manis. Daun yang masih muda bisa dicampur dalam salad atau lalapan, bisa juga ditumis atau dimasak dalam sup.


8. Honeysuckle
honeysuckle ice cream. Foto: theviewfromgreatisland.com
Bunga honeysuckle yang berwarna putih kecil bisa dibuat menjadi simple sirup, dengan bahan: gula putih, air, dan bunga honeysuckle. Bunga honeysuckle bisa juga ditambahkan pada adonan kue, puding, atau dibuat es krim.


9. Hibiscus (bunga sepatu)
Homemade Hibiscus Syrup. Foto: Sprinkle Bakes
Bunga hibiscus warna merah seperti cranberry biasa dikeringkan untuk dijadikan teh hibiscus. Kelopak bunga hibiscus yang segar bisa dimakan bersama salad atau lalapan.

Ada juga yang membuat sirup dari bunga hibiscus. Sirup hibiscus kemudian digunakan sebagai penambah rasa dan pewarna alami pada minuman, es krim, atau kue.


10. Lavender
Lavender Macaroon. Foto: www.franzoesischkochen.de
Bunga lavender yang wangi sudah banyak digunakan sebagai pewangi, atau diolah menjadi minyak esensial aromaterapi. Tapi bunga lavender juga bisa dimakan. Rasanya manis (walau tidak semanis gula) sehingga cocok ditambahkan pada adonan kue, puding, atau minuman.


11. Lilac
Lilac Cream Cake. Foto: greenspiritadventures.org
Bunga lilac warna ungu memiliki rasa manis seperti lemon. Bunga lilac biasa digunakan pada resep cake dan kue kering. Bisa juga dibuat sirup lilac.


12. Marigold
Ada dua jenis bunga marigold yang bisa dimakan: marigold tagetes dengan kelopak warna jingga-merah keemasan, dan pot marigold atau biasa disebut bunga calendula.

- Marigold tagetes
Bunga marigold yang berwarna merah-jingga ini memiliki rasa kuat seperti sitrus. Bisa ditambahkan pada salad, digoreng, ataupun dimasak dalam sup.

- Pot marigold/calendula
Kue Kering dari bunga Calendula & Thyme. Foto: Grow Forage Cook Ferment
Bunga marigold berwarna kuning dan jingga, biasa disebut bunga calendula. Rasa bunga calendula ini seperti merica, pedas-asam tapi sedikit pahit.

Kelopak bunga marigold kering bisa dijadikan teh marigold. Kelopak segar bisa ditambahkan pada masakan gurih seperti sup, atau jadi penambah rasa pada nasi goreng. Atau dibuat menjadi kue kering.


13. Mawar
Nougat Mawar dengan Pistachio & Cranberry. Foto: ©The Healthy Cook
Bunga mawar yang cantik dan populer ini bisa dimanfaatkan dalam banyak cara. Dijadikan hiasan, dibuat air mawar, ekstraknya digunakan sebagai bahan skin care, diolah menjadi minyak esensial aromaterapi. Dan tentu saja, bunga mawar bisa dimakan.

Bunga mawar yang bisa dimakan adalah varietas mawar alami, jenis garden rose, atau bunga mawar liar. Bukan mawar yang sengaja dibudidayakan untuk menjadi hiasan.

Rasa bunga mawar beragam, tergantung jenis dan cara penanaman. Ada yang berrasa manis, ada juga yang hambar. Kelopak mawar kering biasa diolah menjadi teh mawar, dibuat sirup, atau dicampur dalam kue untuk memberi tambahan rasa dan warna.


14. Melati
Es Krim Melati. Foto: www.MyPersianKitchen.com
Bunga putih dan harum ini adalah bunga nasional Indonesia. Bunga melati sering digunakan sebagai pewangi, dekorasi pernikahan, dan digunakan untuk perawatan kulit. Dalam hal kuliner, bunga melati sering digunakan dalam pembuatan teh melati. Ada juga yang percaya bahwa memakan bunga melati mentah bisa memberi khasiat awet muda.

Soal khasiat awet muda, saya tidak terlalu percaya. Tapi bunga melati memang bisa dan aman dimakan, bahkan banyak yang menambahkan melati pada kue dan es krim sebagai penambah rasa dan aroma.


15. Nasturtium
Sup bunga Nasturtium. Foto: larderlove.com
Bunga nasturtium berwarna jingga seperti salmon memiliki rasa mirip merica. Karena itu, bunga nasturtium jingga bisa digunakan untuk menambah rasa pada salad. Nasturtium warna merah dan kuning juga bisa dimakan, walau rasanya sedikit berbeda dari nasturtium jingga.

Anda bisa mengkonsumsi semua bagian kepala bunga (kelopak, putik, dan tangkai yang paling dekat dengan kelopak), atau bagian kelopaknya saja jika suka.

Ada banyak cara untuk memakan bunga nasturtium: ditambahkan pada salad, ditumis dengan sayuran, dibuat sup, digoreng, diberi taburan gula untuk menjadi camilan, dibuat es krim, atau dibuat cuka nasturtium.


16. Pansy
Biskuit Pansy. Foto: Stone Gable
Bunga pansy lebih sering digunakan pada resep kue kering dan pancake. Padahal selain itu, bunga pansy juga bisa dimakan dengan salad.


17. Saffron crocus
Ada banyak jenis dan warna bunga crocus. Bunga crocus yang bisa dimakan adalah yang berwarna ungu dengan putik merah.

Bagian putik bunga crocus yang berwarna merah panjang telah lama digunakan sebagai rempah/bumbu masakan. Bahkan menjadi rempah paling mahal di dunia. Rempah termahal dari bunga crocus ini laris di pasaran Arab, India, Pakistan, dan Eropa.



18. Sakura
Pudding Susu bunga Sakura. Foto: JustOneCookBook.com
Bunga khas musim semi ini banyak digunakan dalam kuliner Jepang. Orang Jepang sudah sejak lama menambahkan bunga sakura pada kue tradisional Jepang yang biasa disajikan di upacara minum teh.

Sekarang, makin banyak orang menciptakan resep baru dengan menambahkan bunga sakura pada makanan buatan mereka. Seperti Sakura Cookies, yaitu kue kering yang ditambah bunga sakura sebagai perasa dan toppingnya. Atau pada makanan lain seperti cheese mousse, jelly, dan lollipop.


19. Violet
Sirup Manis bunga Violet. Foto: Lavender and Lovage
Edible violet umumnya digunakan sebagai tambahan rasa dan warna pada kue, roti serta jelly. Bisa juga digunakan sebagai bahan pembuatan sirup violet.

Hanya perlu tiga bahan untuk membuat sirup violet, yaitu: gula putih, air, dan kelopak bunga violet. Sirup violet bisa digunakan sebagai minuman, pewarna buttercream untuk kue, atau pewarna es krim.

Ada banyak jenis bunga violet. Ada bunga violet yang bisa dimakan (edible violet), ada pula jenis violet yang harus dihindari (seperti African Violet). Ada yang berrasa manis dan harum, ada pula yang hambar. Karena itu anda perlu hati-hati memilih jenis bunga violet untuk dimakan.


20. Magnolia
Cuka bunga Magnolia. Foto: via feedly.com
Bunga magnolia bisa dibuat cuka. Kelopak bunga magnolia yang merah muda akan menghasilkan air cuka yang berwarna pink cerah.


Tips memilih bunga untuk dimakan:

Cara menanam bunga biasanya berbeda dengan cara menanam sayur dan buah. Biasanya petani tidak ragu menggunakan pestisida ataupun air kotor untuk menyiram bunga. Karena mereka pikir bunga hanya akan dijadikan hiasan, bukan untuk dimakan.

Karena itu, anda perlu sangat hati-hati saat memilih bunga yang akan dimakan.

- pilih bunga organik yang tidak tercemar oleh pestisida
- pilih bunga yang kondisinya baik, segar, dan tidak terkena hama.
- pilih bunga yang ditanam alami, bukan bunga yang dibudidayakan untuk menjadi bunga hias.
- pilih bunga yang ditanam di tempat bersih, jangan yang ditanam dekat kali atau tempat kotor.


Anda bebas berkreasi menciptakan resep masakan baru dari bunga-bunga tersebut. Tapi ingatlah untuk hati-hati memilih bunga yang akan dimakan.


0 komentar:

Post a Comment

-- Jangan berkomentar kasar/spam/p*rn --