5 Bunga Paling Mahal di Dunia

Terdapat puluhan ribu jenis bunga di seluruh dunia. Dari bunga liar yang mudah didapat gratis, hingga bunga hias langka yang harganya fantastis. Seperti bunga Lisianthus dan Crocus yang harganya ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bundle.

Walaupun bagi kebanyakan orang harganya bikin geleng kepala, tapi ada saja orang-orang yang mau beli. Mereka bahkan rela mencari sampai ke tempat terjauh untuk mendapatkan bunga yang mereka inginkan.'

Kalau anda ingin tahu bunga apa saja harganya fantastis, anda perlu terus membaca artikel ini:

1. Saffron Crocus
Bunga Saffron Crocus
Bunga Saffron Crocus
Bunga ini dikenal dengan nama Crocus, biasa tumbuh hingga setinggi 15-30 cm. Bunga Saffron Crocus umumnya dijual dengan harga $1.200-$1.500 per bundle (hampir Rp20 juta per bundle?? Keterlaluan!).

Bunga ini sebenarnya termasuk jenis bunga liar, tapi tergolong langka. Alasan lain yang membuat bunga ini langka adalah karena bunga ini sering dijadikan bumbu. Anda mungkin pernah mendengar “saffron”, bumbu masak paling mahal di dunia.

Putik berwarna merah dari bunga Crocus adalah bagian yang dijadikan sebagai rempah/bumbu masak. Butuh sekitar 60.000 bunga crocus kering untuk mendapatkan 450 gram bumbu saffron. Walaupun harganya sangat mahal, tapi banyak orang terutama dari Eropa, India, Iran, Arab, dan Turki sering menggunakan saffron dalam masakan mereka.

Seperti apa rasa masakan yang diberi bumbu paling mahal di dunia?


2. Lily of the Valley
Bunga Lily of the Valley
Bunga Lily of the Valley
Lily of The Valley atau disebut juga Convallaria majalis adalah bunga putih cantik berbentuk seperti bel. Tinggi tangkainya sekitar 15-30 cm, tapi bunganya hanya berukuran 5-10mm saja. Bunga ini biasa mekar di musim semi awal bulan Maret dan beraroma harum saat mekar. Lily of The Valley umumnya dijual seharga $15-$50 per bundle (sekitar Rp500 ribu).

Alasan yang membuat bunga ini berharga mahal adalah karena bunga Lily of The Valley tergolong rapuh dengan masa hidup yang singkat. Bunga ini perlu dirawat dengan hati-hati, karena salah merawat bisa membuat bunga ini makin cepat mati. Bunga ini juga bukan bunga yang bisa ditemukan di daerah tropis.


3. Lisianthus
Bunga Lisianthus
Bunga Lisianthus
Sekilas bunga Lisianthus mirip dengan bunga mawar putih jenis cabbage rose. Bunga Lisianthus atau eusthoma grandiflorum sering disebut juga Paper Flower (bunga kertas), karena kelopaknya memang mirip dengan kertas. Bunga ini umumnya dijual seharga $10-$35 per bundle (sekitar Rp400.000).

Alasan yang membuat bunga Lisianthus berharga mahal adalah karena bunga ini tergolong rapuh, mudah layu dan rusak. Kalaupun dirawat dengan baik, bunga ini hanya mampu bertahan maksimal 3 minggu sejak dipotong dari tangkainya.

Tangkai bunga Lisianthus bisa tumbuh hingga setinggi 60 cm, dengan diameter bunga sekitar 5 cm. Bunga ini tersedia dalam warna putih, ungu, pink, dan biru pucat.


4. Gloriosa
Bunga Gloriosa
Bunga Gloriosa
Bunga Gloriosa adalah bagian dari keluarga lily, dan bunga ini memiliki beberapa nama lain: Flame Lily, Fire Lily, Glory Lily, Superb Lily, Climbing Lily, dan Creeping Lily. Gloriosa biasanya berwarna jingga, merah, pink, dan hijau. Bunga Gloriosa bisa dijual seharga $6-$10 per bunga.

Bunga lily yang indah dan unik ini merupakan bunga nasional negara Zimbabwe. Bunga ini merupakan hasil ciptaan para ilmuwan tahun 1947. Bunga Gloriosa kemudian diberikan pada Ratu Elizabeth II sebagai hadiah atas nama negara Zimbabwe. Konon, bunga ini hanya bisa diperoleh di benua Asia dan Afrika.


5. Hydrangea
Bunga Hydrangea
Bunga Hydrangea
Orang Indonesia pasti sering melihat bunga ini, karena bunga Hydrangea memang berasal dari Asia timur, Asia selatan, Amerika, dan Indonesia. Bunga ini mungkin tidak tergolong mahal di Indonesia, tapi di luar negeri, bunga ini bisa dijual seharga $6.5 per tangkai (sekitar Rp80 ribu per tangkai).

Di luar negeri, bunga ini biasa dijadikan dekorasi pesta atau upacara resmi. Di Jepang, bunga Hydrangea digunakan sebagai bahan utama teh khas Jepang yang disebut Ama-Cha. Dan di Korea, teh dari bunga Hydrangea disebut dengan  SugukCha.

Anda tahu bahwa Jepang memiliki tradisi minum teh yang mereka anggap penting. Karena itu, bunga Hydrangea bisa dijual mahal di sana.

Saya juga punya tetangga yang menjual bunga Hydrangea per polybag dengan harga standar. Kalau dia bisa menjual Hydrangea seharga Rp80 ribu per tangkai di Indonesia, dia bisa jadi cepat kaya. Tapi jarang sekali ada orang yang mau beli bunga semahal itu di Indonesia.

Saya memang suka bunga, karena itu saya sering menulis artikel tentang bunga. Tapi kalau harus beli bunga ratusan ribu per tangkai, nggak deh. Bagaimana dengan anda?



0 komentar:

Post a Comment

-- Jangan berkomentar kasar/spam/p*rn --