12 Cara Sederhana untuk Menikmati Hidup

Ada hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk bisa menikmati hidup, dan membuat hidupmu lebih berarti. Hal-hal sederhana yang akan membuatmu lebih gembira, membuatmu bersemangat bangun di pagi hari, membuatmu lebih menikmati hari-harimu. Dan hal-hal seperti itu kadang tidak bisa dibeli oleh uang.

12 Cara Sederhana untuk Menikmati Hidup
12 Cara Sederhana untuk Menikmati Hidup

1. Ciptakan satu ‘hari tanpa biaya’
Pilihlah satu hari tertentu, kapan saja dalam satu bulan. Pada hari yang dipilih itu, usahakan untuk tidak mengeluarkan satu rupiah pun selama 24 jam. Caranya: Isi bensin, beli berbagai kebutuhan, dan siapkan bekal makan siang sehari sebelumnya.

Kemudian besoknya, tahan diri untuk tidak jajan atau tidak beli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Kebutuhan untuk hari itu sudah dipersiapkan sebelumnya, kan?
Kalau hal ini rutin dilakukan, misal 1 kali seminggu, atau 2 kali sebulan, kamu mungkin terkejut menyadari berapa banyak yang bisa dihemat dari hal sederhana ini.


2. Kenali lebih dekat kota tempat tinggalmu
Di akhir pekan atau hari libur, naiklah bis atau kereta keliling kota tempat tinggalmu, lihatlah pemandangan selama dalam perjalanan, makan di restoran yang belum pernah kamu coba, atau belanja di toko yang bukan langgananmu. Pokoknya datang ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi di kota tempat tinggalmu sendiri.


3. Biarkan pelayan yang memilih menu
Datanglah ke restoran yang belum pernah kamu datangi, lalu mintalah pelayan untuk memilihkan menu terbaik atau yang paling dia suka. Kalau punya alergi, jangan lupa untuk memberi tahu pelayan terlebih dahulu. Menu yang dipilihkan oleh pelayan mungkin akan jadi kejutan menyenangkan untukmu.


4. Masak makan siang sendiri
Daripada mengeluarkan uang untuk makanan yang tidak sehat, lebih baik siapkan sendiri bekal makan siangmu. Tidak harus setiap hari, misal pilih hari Minggu malam untuk masak bekal Senin, lalu Selasa malam untuk masak bekal makan siang untuk hari Rabu.

Lalu pilih satu atau dua hari untuk libur memasak, dan nikmatilah makanan yang memuaskan bersama teman dan keluarga.


5. Belajar memasak makanan luar negeri
Ciptakan petualangan sendiri di dapur: Pilih satu negara secara acak, cari satu atau dua menu yang dianggap paling tidak terkenal dari negara yang dipilih, lalu mulailah memasak menu yang dipilih. Kamu mungkin terkejut dengan rasa masakanmu sendiri, mungkin ternyata lebih enak dari yang diduga.


6. Desain baju sendiri
Aku tidak sedang menyarankanmu untuk jadi desainer profesional, hanya sesekali mendesain baju untuk dipakai sendiri (tapi kalau bisa jadi desainer profesional, itu lebih bagus). Berimajinasilah pakaian seperti apa yang ingin kamu pakai, gambarkan hasil imajinasimu atau cari inspirasi dari majalah fashion.

Setelah itu, jahitlah baju yang kamu desain atau minta penjahit ahli untuk menjahitkannya untukmu. Lalu nikmatilah perasaan bangga dan puas karena memakai baju yang kamu desain sendiri.


7. Sapa tetangga dan rekan kerja
Bukan hal baru kalau kita tidak mengenal tetangga kita dengan baik karena terlalu sibuk sekolah dan bekerja. Banyak di antara kita yang berangkat pagi pulang malam, hampir tidak punya waktu untuk mengenal tetangga sendiri.

Mulai sekarang, bangunlah lebih pagi supaya punya waktu untuk menyapa tetangga sebelum berangkat sekolah atau kerja. Tiba di tempat kerja lebih awal juga bisa membuatmu punya waktu untuk menyapa rekan kerja, dan berbincang sebentar.

Mengenal lebih banyak orang dan selalu menyapa mereka dengan senyum ramah, akan membuat mereka semakin akrab padamu. Dan itu akan membawa dampak positif untukmu.


8. Pelajari budaya yang berbeda
Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, dan sebagai orang Indonesia, kamu mungkin punya teman dari suku yang berbeda,  dengan bahasa dan kebiasan yang berbeda. Tapi apakah kamu benar-benar tahu seperti apa budaya mereka?

Sesekali mintalah pada temanmu untuk mengajakmu mengunjungi kampung halaman mereka, dan kenalilah lebih dekat tentang budaya bahasa mereka. Semakin banyak teman dari berbagai suku yang dimiliki, maka semakin banyak budaya yang dipelajari, dan semakin banyak pengalaman yang akan didapat.


9. Beri kejutan pada kakek-nenek dan ayah-ibu
Pulanglah ke kampung halaman, dan temui orang tua tanpa memberi tahu mereka terlebih dahulu. Bawakan souvenir atau makanan yang mereka suka sebagai oleh-oleh. Bermain catur dengan kakek, atau membantu nenek merawat bunga-bunga kesukaannya di kebun, dan dengarkanlah cerita serta nasihat-nasihat mereka.


10. Beri makan tunawisma atau jadi sukarelawan
Kumpulkan teman-temanmu untuk masak bersama, bungkus makanan yang dimasak. Lalu berkeliling kota dan bagikan makanan yang kamu masak pada tunawisma yang kamu temui di jalan.
Atau, sesekali jadilah sukarelawan di panti asuhan, rumah sakit, atau panti jompo. Ini akan membuatmu menyadari bahwa kamu punya banyak hal yang layak disyukuri.


11. Traktir rekan kerja
Sesekali ajak rekan kerjamu makan siang di luar, dan traktirlah mereka, lalu mengobrollah dengan rekan kerjamu. Kadang kamu lelah bahkan mungkin muak dengan tempat kerjamu, tapi mengobrol bersama rekan kerjamu mungkin bisa membuatmu kembali bersemangat dan betah di tempat kerja.


12. Kirim lamaran untuk pekerjaan yang dulu pernah diinginkan
Walau sekarang sudah punya pekerjaan, dan sebenarnya tidak lagi terlalu penasaran dengan pekerjaan yang dulu tidak didapat, tapi apa ruginya mencoba kirim lamaran lagi?

Perbarui resume dengan tambahan portfolio yang dimiliki, lalu kirim ke perusahaan yang diinginkan. Jangan terlalu berharap akan diterima, tapi siapa tahu mungkin bisa benar-benar mendapatkan pekerjaan impianmu itu.


Lakukanlah 12 hal sederhana ini dari sekarang, mungkin kamu akan terkejut serta menyadari bagaimana hal-hal sederhana bisa mengubah hidupmu dan mengubah karaktermu.



0 komentar:

Post a Comment

-- Jangan berkomentar kasar/spam/p*rn --