Arti Bunga Mawar Menurut Jenis, Warna, Jumlah, dan Kondisi Bunga

Arti bunga mawar mungkin berbeda di setiap negara, budaya, dan kepercayaan, tapi secara umum, bunga mawar selalu dikaitkan dengan cinta dan kecantikan. Jika dilihat lebih rinci, bunga mawar memiliki arti yang lebih dalam berdasarkan jenis, warna kelopak, jumlah kuntum, dan kondisinya.

Arti Bunga Mawar Menurut Jenis, Warna, Jumlah, dan Kondisi Bunga
Arti Bunga Mawar Menurut Jenis, Warna, Jumlah, dan Kondisi Bunga

Arti Bunga Mawar Menurut Jenis

- Cardinal red rose = keinginan luhur, keinginan yang sangat besar

- Damask rose = segar/kesegaran

- Dog rose = Pasangan/berpasangan

- Garden rose = ‘saya dari Mars’

- Hibiscus rose (chinese rose) = kecantikan yang halus dan lembut

Hibiscus rose (chinese rose) = kecantikan yang halus dan lembut
Hibiscus rose (chinese rose)
- Rose of sharon = tergila-gila oleh cinta

Rose of sharon = tergila-gila oleh cinta
Rose of sharon
- Fire & ice rose = cinta yang menggebu, dan tanpa dosa seperti anak-anak

- Mawar burgundy = kecantikan yang tidak disadari

- Kuncup mawar (rosebud) =pengakuan cinta, pernyataan cinta

Kuncup mawar (rosebud) =pengakuan cinta, pernyataan cinta
Kuncup mawar (rosebud)
- Mawar liar (wild rose) = kesederhanaan

Mawar liar (wild rose) = kesederhanaan
Mawar liar (wild rose)
- Mawar tanpa duri (thorn-less rose) = cinta pada pandangan pertama

- Mawar teh (tea rose) = aku akan selalu mengingatmu

- Daun bunga mawar (leaf rose) = kau boleh berharap

Daun bunga mawar (leaf rose) = kau boleh berharap
Daun bunga mawar (leaf rose)


Arti Bunga Mawar Menurut Warna

1. Mawar Putih

Mawar putih berarti kemurnian
Mawar putih berarti kemurnian
Secara umum, mawar putih berarti kemurnian, kesucian, kebaikan, dan tanpa dosa. Mawar putih juga melambangkan cinta abadi. Kalau digunakan sebagai hadiah, bunga mawar putih cocok diberikan pada orang yang berhati baik, lembut, dan tulus.

Dan kuncup mawar putih (white rosebuds) cocok diberikan oleh orang tua pada anaknya, karena melambangkan benih kebaikan, cinta yang belum berkembang.


2. Mawar Merah

Mawar merah bermakna cinta sejati dan romantisme
Mawar merah bermakna cinta sejati dan romantisme
Mawar merah telah umum dikaitkan dengan makna cinta sejati dan romantisme. Mereka yang ingin menyatakan cinta menggunakan bunga mawar merah, seolah mawar merah adalah satu-satunya jenis bunga yang paling tepat untuk mengungkapkan rasa cinta. Mawar merah mungkin adalah jenis bunga yang paling banyak disebut dalam sastra, puisi, novel, ditemukan di lukisan-lukisan klasik, juga muncul di banyak film.

Buket bunga mawar merah adalah buket bunga yang banyak dijadikan hadiah untuk orang-orang terkasih. Sebagai pernyataan cinta, sebagai kado ulang tahun pernikahan, bahkan sebagai ucapan permintaan maaf pada orang terkasih. Apapun ceritanya, apapun medianya, bunga mawar merah selalu digunakan untuk melambangkan cinta, kasih sayang, dan keberanian.


- Mawar Merah Tua

Mawar merah tua melambangkan penyesalan cinta
Mawar merah tua melambangkan penyesalan cinta
Sedikit berbeda dengan bunga mawar merah, warna mawar ini lebih gelap dan digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta yang lebih dalam. Ada juga yang menyebut bahwa bunga mawar merah tua melambangkan kesedihan dan penyesalan akibat cinta.


3. Mawar Pink

Secara umum, bunga mawar pink (merah muda) melambangkan hubungan atau romantisme yang baru dibentuk. Mawar pink digunakan untuk mengungkapkan rasa kagum, simpati, kelembutan, dan ungkapkan terima kasih.

Bunga mawar pink banyak digunakan sebagai motif pada dekorasi rumah, wallpaper, kain, perabot keramik, bahkan desain rumah gaya shabby chic identik dengan mawar pink. Bunga mawar merah cocok diberikan pada seseorang yang dikagumi, ucapan terima kasih pada orang terkasih, atau untuk menghibur teman yang sedang bersedih.

- Mawar Pink Muda

Mawar pink muda berarti kelembutan dan keanggunan
Mawar pink muda berarti kelembutan dan keanggunan
Bunga mawar warna pink muda memiliki arti kelembutan, keanggunan, kekaguman, manis, simpati, kehangatan.

- Mawar Pink Tua

Mawar pink tua berarti ungkapan terima kasih yang mendalam
Mawar pink tua berarti ungkapan terima kasih yang mendalam
Bunga mawar warna pink tua memiliki arti ungkapan terima kasih yang mendalam, penghargaan, pengakuan, dan kekaguman.


4. Mawar Kuning

Mawar kuning melambangkan keceriaan dan pertemanan
Mawar kuning melambangkan keceriaan dan pertemanan
Warna kuning secara umum selalu dianggap sebagai warna yang ceria dan gembira. Begitu juga dengan bunga mawar kuning yang dianggap melambangkan keceriaan, kegembiraan, dan pertemanan.

Mawar kuning juga memiliki arti kepedulian dan sambutan yang hangat. Bunga mawar kuning sering digunakan untuk mengungkapkan “kita berteman saja.” Kalau seseorang memberikan bunga mawar kuning pada orang lain, itu adalah caranya untuk  menyatakan bahwa dia membuatnya gembira, dia perduli padanya, tapi dia tidak mencintainya, hanya ingin berteman saja.

Karena itu, bunga mawar kuning lebih sering diberikan untuk teman, untuk saudara, untuk orang tua, atau bahkan keponakan. Untuk seseorang yang baru lulus sekolah, atau baru meraih penghargaan. Digunakan sebagai ungkapan selamat dan terima kasih.


5. Mawar Peach

Mawar peach melambangkan rasa rindu
Mawar peach melambangkan rasa rindu
Bunga mawar warna peach mirip dengan warna pink dan jingga. Seperti perpaduan antara warna pink dan warna kuning, atau warna pink muda dengan warna jingga.

Mawar peach melambangkan ungkapan terima kasih dan rasa rindu. Selain itu, mawar peach juga biasa digunakan untuk menyampaikan perasaan tulus antar teman, penghargaan, simpati, kesederhanaan, dan persahabatan.


6. Mawar Jingga (Orange)

Mawar jingga memiliki arti perayaan dan semangat
Mawar jingga memiliki arti perayaan dan semangat
Mawar jingga memiliki arti perayaan, semangat, antusiasme, dan kebanggaan. Warna jingga sering disebut warna kuning tua. Begitu juga dengan bunga mawar jingga yang dianggap sebagai ungkapan pertemanan yang lebih dalam dari bunga mawar kuning.

Mawar jingga pada dasarnya merupakan hasil perkawinan antara mawar kuning dan mawar merah. Sehingga memberikan mawar jingga pada seseorang bisa diartikan sebagai ungkapan “aku ingin lebih dari sekadar berteman.” Tapi dia belum berani mengungkapkan cinta. Mawar jingga juga bisa diberikan pada orang yang ingin dikenal lebih dekat.


7. Mawar Ungu
- Mawar Ungu Muda (Lavender)

Mawar lavender berarti fantasi, dongeng, pesona
Mawar lavender berarti fantasi, dongeng, pesona
Bunga mawar warna ungu muda (lavender) sering disebut juga sebagai bunga mawar lavender. Bunga mawar lavender ini terkenal memiliki aroma mewah, sehingga buket mawar lavender sering dikaitkan dengan kemewahan dan kebangsawanan.

Karena itu, bunga mawar lavender sering dikaitkan dengan fantasi, dongeng, pesona, unik, menarik, dan kerajaan. Ada juga yang menyebut bahwa jika ada yang memberimu bunga mawar lavender berarti dia mencintaimu sejak pandangan pertama, tapi dia tahu bahwa dia tidak bisa mendapatkanmu.

- Mawar Ungu Tua (Violet)

Mawar violet melambangkan perlindungan dan majesty
Mawar violet melambangkan perlindungan dan majesty
Bunga mawar ungu tua sering disebut mawar violet. Bunga mawar violet melambangkan perlindungan, majesty, royalty, cinta sejati, dan splendor. Mawar violet cocok digunakan sebagai hadiah pada perayaan ulang tahun ke 25 atau lebih. Atau untuk mengingat orang terkasih yang telah meninggal.


8. Mawar Biru

Mawar biru lambang misteri dan mustahil
Mawar biru lambang misteri dan mustahil
Sebenarnya, bunga mawar biru bukan bunga alami. Bunga mawar biru merupakan hasil genetika buatan. Bunga mawar biru juga masih langka dan kalaupun ada, harganya sangat mahal.

Warna biru secara umum selalu dianggap sebagai warna yang dinamis dan penuh semangat, tapi bunga mawar biru memiliki arti sebaliknya. Mawar biru sering dilambangkan sebagai misteri, intrik, rahasia. Karena asal bunga ini tidak alami, maka ada yang menyebut bunga ini sebagai simbol orang atau situasi yang mustahil dan sulit untuk dimengerti.

Banyak orang menginginkan mawar biru karena indah dan langka. Karena itu, mereka yang menyukai mawar biru dianggap sebagai orang yang menginginkan hal yang mustahil. Dengan kata lain, “aku menginginkanmu walaupun aku tahu tidak bisa mendapatkanmu.”


9. Mawar Hitam

Mawar hitam berarti kematian
Mawar hitam berarti kematian
Sebenarnya tidak ada mawar hitam, yang ada adalah mawar merah yang sangat gelap. Saking gelapnya warna mawar merah ini, sampai terlihat seperti warna hitam. Karena itulah, bunga mawar seperti ini sering disebut mawar hitam (black rose).

Mawar hitam berarti kematian. Ada yang menyebut artinya kematian lahiriah seseorang, ada pula yang menyebut berarti kematian perasaan atau ide. Mawar hitam juga bisa berarti kematian (akhir) dari hubungan. Mawar hitam juga sering dikaitkan dengan perasaan sedih, benci, dan dendam.


10. Mawar Warna Campuran

Mawar warna campuran menyiratkan perasaan yang campur aduk
Mawar warna campuran menyiratkan perasaan yang campur aduk
Memadukan berbagai warna bunga mawar dalam satu buket untuk menyiratkan perasaan yang campur aduk. Misal mawar putih dengan mawar merah yang berarti perasaan cinta yang kuat dan murni.

Memberikan mawar dalam berbagai warna juga bisa berarti, “aku tidak tahu pasti apa yang aku rasakan padamu, tapi aku yakin aku menyukaimu dan ingin memberimu bunga.”


 Arti Bunga Mawar Menurut Jumlah Kuntum

- 1 = cinta pada pandangan pertama
- 2 = cinta yang berbalas, saling mencintai
- 3 = ‘aku, kamu, dan cinta kita’, berbagi cinta
- 6 = ungkapan bahwa kau mengaguminya, tapi belum sampai mencintainya
- 9 = harapan untuk bersama selamanya
- 10 = ungkapan bahwa cinta yang dia berikan sempurna
- 12 = meminta dia untuk menjadi milikmu
- 13 = sekadar teman, tak ada cinta
- 15 = permintaan maaf
- 20 = ungkapan perasaan yang tulus, ‘perasaanku untukmu tulus’
- 21 =pengabdian cinta
- 24 = pernyataan bahwa aku adalah milikmu
- 25 = ucapan selamat
- 36 = cinta gila, ‘aku tergila-gila padamu’
- 40 = sungguh cinta, ‘aku sangat mencintaimu’
- 50 = cinta tanpa syarat, ‘aku mencintamu apa pun yang terjadi’
- 100 = ungkapan kesetiaan
- 108 = lamaran, permintaan untuk menjadi istri/suami
-  1 buket mawar putih = kecantikan abadi, ‘kau akan selamanya cantik untukku’
- mahkota bunga mawar = penghargaan atas kebaikan
- 1 buket mawar mekar (tidak ada yang masih kuncup) =ungkapan terima kasih, bersyukur
- mawar pada segenggam/sedikit rumput= banyak hal bisa diraih jika kita bersama dalam kebaikan

Selain itu, satu kuntum mawar juga memiliki arti khusus berdasarkan warnanya:
- 1 mawar putih = perasaan yang murni , ‘perasaanku murni’
- 1 mawar merah = ungkapan cinta, ‘aku mencintaimu’
- 1 kuncup mawar merah (red rosebud) = ungkapan cinta pertama, atau pertama kalinya mengungkapkan cinta
- 1 mawar pink = ungkapan suka, bukan cinta, ‘aku menyukaimu’
- 1 mawar kuning = ungkapan pertemanan, kegembiraan, ‘jadilah temanku’
- 1 mawar peach = ungkapan terima kasih atau simpati
- 1 mawar jingga = ungkapan kebanggaan, ‘aku bangga padamu’
- 1 mawar ungu muda = ‘aku terpesona olehmu’
- 1 mawar biru = keinginan yang tidak bisa diraih


Arti Bunga Mawar Menurut Kondisi Bunga

Mawar layu berarti keindahan sesaat
Mawar layu berarti keindahan sesaat
Arti bunga mawar juga bisa dilihat dari berbagai kondisi bunga mawar yang diterima/diberikan.

- mawar putih layu = hilangnya kemurnian, tidak lagi suci

- mawar yang mulai layu atau warnanya memudar = keindahan sesaat

- menerima bunga mawar menggunakan tangan kanan = setuju, persetujuan, menerima pernyataan yang disampaikan

- menerima bunga mawar menggunakan tangan kiri = pengingkaran, penolakan, tidak setuju.



Itu dia arti bunga mawar berdasarkan jenis, warna, jumlah kuntum, dan kondisinya.

-----------------------

Tidak tahu dari mana asalnya bahwa setiap jenis bunga memiliki arti dan perlambangan, tapi hal ini sangat populer di kalangan para pecinta bunga. Ada yang bilang bahwa arti bunga dibuat oleh penjual bunga untuk meningkatkan penjualan bunga mereka. Tapi banyak yang bilang bahwa arti dan perlambangan bunga sudah ada sejak zaman Yunani kuno.

Entah mana yang benar, tapi secara pribadi, saya tidak terlalu percaya pada arti dan perlambangan bunga. Saya menyukai bunga karena kaindahannya, karena harumnya, dan karena sebagian jenis bunga bisa dijadikan teh, juga ada bunga-bunga yang bisa digunakan untuk mengusir serangga.

Intinya, saya menyukai bunga bukan karena arti/lambang. Saya menulis artikel ini hanya ingin berbagi pengetahuan umum tentang bunga, bukan ingin mengajak orang untuk percaya pada arti/lambang bunga.


0 komentar:

Post a Comment

-- Jangan berkomentar kasar/spam/p*rn --