24 Desain Dapur Lengkap Dalam Satu Lemari

Bukan desain lemari dapur, tapi desain dapur lengkap yang dikemas dalam satu lemari sehingga lebih ringkas dan praktis. Ukurannya yang relatif kecil juga bagus untuk menghemat ruang. 

Kalau disebut lemari dapur, biasanya yang dimaksud adalah lemari tempat menyimpan perabot dapur, tapi tidak termasuk bak cuci piring, kompor, dan kulkas. Orang barat menyebut dapur seperti ini “kitchen closet”. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia agak ribet, jadi sebut saja: dapur dalam lemari. Jangan tertukar dengan lemari dapur.

Perabot apa yang perlu ada di dapur? Kompor, bak cuci piring, kulkas, oven, rak untuk menyimpan piring, gelas, dan wajan? Dapur mini dalam lemari ini punya semuanya.

Bagian terbaik dari dapur dalam lemari adalah: membersihkan satu dapur dalam lemari pasti lebih mudah dibanding membersihkan satu ruang dapur. Pokoknya, desain dapur dalam lemari ini lengkap, fungsional, menghemat ruang, dan mudah dibersihkan. Cocok untuk rumah berukuran kecil, apartemen, kamar kosan atau studio.

24 Desain Dapur Lengkap Dalam Satu Lemari
24 Desain Dapur Lengkap Dalam Satu Lemari

Berikut adalah desain dapur lengkap dalam satu lemari  yang perlu dicontoh

1. Dapur dalam lemari versi modifikasi
Desain dapur yang saya dapat via Fishki ini merupakan hasil modifikasi dari lemari lama. Desainernya mengubah lemari TV jadul yang sudah tidak terpakai menjadi satu lemari dapur yang lengkap dan praktis.

Dapur dalam lemari versi modifikasi
Dapur dalam lemari versi modifikasi. Foto: tn.en.fishki.net

Kalau anda punya lemari lama yang rusak dan tidak terpakai, kenapa tidak modifikasi jadi dapur seperti ini? Kalaupun anda tidak menggunakannya sendiri, anda bisa menjualnya dengan harga tinggi. Siapa tahu ide sederhana ini bisa jadi peluang bisnis besar untuk anda.


Desain dapur berikutnya bukan versi modifikasi juga bukan versi recycle, tapi bisa jadi inspirasi untuk Anda yang ingin membangun dapur dalam lemari. Anda butuh inspirasi desain sebelum melakukan modifikasi, kan?


2. Dapur sekaligus tangga
Desain dapur yang saya dapat via treehugger.com ini merupakan ide jenius untuk menghemat ruang dan membuat ruangan tampak lebih rapi.

Saat ditutup, akan terlihat bahwa dapur dalam lemari ini merupakan bagian dari tangga yang menghubungkan lantai atas dan lantai bawah. Saat ditutup pula, dapur dalam lemari in akan terlihat seperti lemari biasa. Tidak akan ada yang menyangka bahwa di dalamnya ada kompor, bak cuci piring, dan bermacam-macam perabot dapur.

Dapur sekaligus tangga
Dapur sekaligus tangga. Foto: www.treehugger.com


3. Desain dapur mini dari Elfin Kitchens
Mau banget punya dapur seperti ini di dalam kamar saya. Jadi tidak harus keluar kamar untuk makan atau masak. Jadi makin betah di kamar.

Desain dapur mini dari Elfin Kitchens
Foto: www.elfinkitchens.co.uk


4. Dapur dalam lemari multifungsional
Desain dapur lemari ini saat pintunya ditutup, bisa digunakan meja. Ruang di bawahnya bisa digunakan untuk menyimpan kulkas atau mesin cuci . Kalau ditutup terlihat seperti lemari biasa.

Dapur dalam lemari multifungsional
Foto: www.treehugger.com


Desain Dapur dalam Lemari Empat Pintu (5 inspirasi)

Kalau pintunya ditutup, dapur ini terlihat seperti lemari baju atau lemari hias. Memajang lemari seperti ini di ruang tengah bagus juga kan? Dengan dapur seperti ini, tidak akan ada lagi ‘pemandangan dapur berantakan’ di dalam rumah.

Foto: via Facebook

Desain dapur dalam lemari empat pintu yang saya dapat via appliancist.com di bawah ini merupakan desain favorit. Saya suka ide rak piring yang dipasang tepat di atas bak cuci piring. Disediakan juga gantungan spatula dan lap. Ukuran kulkasnya, cukup untuk orang yang tinggal sendiri.

Dan yang membuat saya lebih menyukainya adalah desain lemari yang feminin, dengan kombinasi warna beige dan sedikit biru pastel.

Foto: www.appliancist.com


Desain berikutnya saya dapat via facilisimo.com. Bagian terbaik dari desain dapur ini adalah posisi bak cuci piring ada di sebelah kanan, cocok untuk non-kidal, atau justru cocok untuk pemilik tangan kidal? 
Bagaimana dengan anda? Ingin posisi bak cuci piring di sebelah kiri atau di sebelah kanan kompor?

Foto: facilisimo.com

Foto: www.homeworkremodels.net

Foto: IKEA


Galeri dapur dalam lemari (8 inspirasi)

Sebenarnya saya tidak tahu lagi mau menulis apa, jadi saya gabung semua desain di bawah dalam “Galeri”.

Ada yang bilang bahwa satu gambar mewakili seribu kata. Jadi lihat saja satu per satu foto di bawah ini daripada membaca ribuan kata.

Foto: www.tadah.ch

Foto: aclawrence.com

Foto: via 9gag.com

Foto: mueblesydecoraciondeinteriores.blogspot.com

Foto: treehugger.com

Foto: www.archiexpo.com

TRINETTE kitchen by Electrolux - design FROG studio, 2010
TRINETTE kitchen by Electrolux - design FROG studio, 2010

Foto: IKEA

Foto: www.johnstrand-mk.co.uk

Mini kitchen by Mobilspazio Contract
Mini kitchen by Mobilspazio Contract

ZOKU Micro Loft 007
ZOKU Micro Loft 007. Foto: via juutakudesign.com

ACME Compact Kitchen
ACME Compact Kitchen. Foto: acmekitchenettes.com

Eyeline Gold Mini Kitchen with Hobs
Eyeline Gold Mini Kitchen with Hobs. Foto: ww.tinykitchens.co.uk

Eyeline Bronze Mini Kitchen with Hobs
Eyeline Bronze Mini Kitchen with Hobs. Foto: www.tinykitchens.co.uk

1500mm Wide Tea Kitchen
1500mm Wide Tea Kitchen. Foto: www.tinykitchens.co.uk


Kompor yang digunakan dalam desain adalah kompor induksi atau kompor listrik. Anda bisa menggantinya dengan kompor gas yang berukuran relatif kecil. Hanya perlu melakukan sedikit penyesuaian untuk bagian kompor.

Tapi kenapa tidak menggunakan kompor listrik saja? Lebih aman, praktis, dan hemat. Walau harga belinya lebih mahal, tapi sebenarnya kompor listrik bisa menghemat banyak uang dalam jangka pajang. Karena tarif listrik lebih murah dibanding harga gas. Anda juga tidak perlu repot ganti gas setiap minggu.

Saya sudah menyebutkan desain favorit saya, desain dapur dalam lemari yang mana yang paling anda suka?



0 komentar:

Post a Comment

-- Jangan berkomentar kasar/spam/p*rn --