Ciptakan Negeri Dongeng dalam Toples (12 ide)

Menciptakan diorama negeri dongeng dalam toples bisa dibuat dengan mudah.

Snow globe tidak lagi terbatas pada tema natal dan tahun baru. Karena snow globe bisa dibuat untuk menciptakan berbagai macam diorama.
Ciptakan Negeri Dongeng dalam Toples (12 ide)
Ciptakan Negeri Dongeng dalam Toples (12 ide)
Sekadar informasi: diorama adalah model atau miniatur yang menggambarkan pemandangan atau adegan dalam tiga dimensi. Berbeda dengan maket, karena maket lebih umum digunakan sebagai istilah untuk miniatur bangunan dan rumah dalam rancangan arsitektur atau tata ruang.

12 Ide Diorama Menciptakan Negeri Dongeng Dalam Toples


1. Miniatures in Jar
Seperti lampu di negeri Narnia. Ingat saat Lucy Pevensie bertemu dengan Mr. Tumnus untuk pertama kali? Mereka bertemu di dekat lampu seperti ini.
Miniatures in Jar. Foto: Salt Tree


2. Snow Town Candle
Suasana di kota kecil yang digambarkan melalui dekorasi pada toples. Ini mengingatkanku pada kota kecil di New York pada musim dingin abad 20. Gambaran yang kutonton dari film kartun klasik.
Snow Town Candle. Foto: Shabby Art Boutique


3. Let it Snow
Kreasi negeri dongeng yang ini menggunakan apothecary jars atau toples hias. Lebih besar berarti lebih banyak cerita yang bisa diciptakan.
Let it Snow. Foto: Pink Pistachio


4. Magical Christmas Scene Snow Globe
Mungkin pembuat snow globe ini punya ide cerita yang berbeda, tapi bagiku rumah dalam snow globe ini mengingatkanku pada rumah nenek dari cerita “Gadis Berkerudung Merah” (Little Red Riding Hood). Itu lho, nenek yang ceritanya dimakan oleh serigala kemudian serigala berpura-pura jadi nenek supaya bisa memakan gadis berkerudung merah juga.
Magical Christmas Scene Snow Globe. Foto: The Mother Huddle


5. Miniature Hoth Diorama (Tauntaun in a jar!)
Diorama yang menggambarkan Luke sedang menunggang tauntaun di planet Hoth yang tertutup es. Tahu apa itu tauntaun? Tauntaun adalah hewan fiksi yang muncul di film Star Wars. Semacam kuda di planet asing. Penggemar Star Wars pasti sudah tahu.
Miniature Hoth Diorama (Tauntaun in a jar!). Foto: Geek with Curves


6. Snow Globes
Pohon cemara dengan lampu di taman yang ditutupi salju muncul di banyak cerita anak-anak terutama yang bertema natal dan tahun baru.
Snow Globes. Foto: More with Less Today


7. “When You Wish Upon a Star” Snow Globe
Snow globe yang menggambarkan Cinderella’s Castle in Walt Disney World (Kastil Cinderella di Negeri Walt Disney) ini diberi nama “When You Wish Upon a Star” Snow Globe.
“When You Wish Upon a Star” Snow Globe. Foto: Sippy Cup Mom

8. No Water Snow Globes
Snow globe ini mengingatkanku pada negeri dongeng dari Timur Tengah, pada Negeri 1001 Malam, pada Baghdad, dan pada Aladin yang menemukan lampu ajaib di padang pasir. Tidak ada air dalam snow globe ini, sehingga dikasih nama No Water Show Globes.
No Water Snow Globes Foto: Sassy Mama in LA


9. Anna From Frozen Waterless Snow Globe
Ada Anna dalam snow globe ini, dan dia terlihat kesepian. Penggemar film Frozen pasti kenal siapa itu Anna, dan penggemar film Frozen pasti senang sekali kalau mendapat hadiah snow globe seperti ini.
Anna From Frozen Waterless Snow Globe. Foto: Imperfect Women


10. Create a Wondrous Winter Wonderland in a Jam Jar
Menciptakan diorama musim dingin yang menakjubkan di Wonderland dalam sebuah toples, itulah yang ingin dibuat oleh pembuat diorama ini. Setiap orang punya gambaran sendiri-sendiri tentang musim dingin yang ideal menurut mereka, entah itu di kota besar atau di desa kecil.
Winter Jam jar Snow Globe. Create a Wondrous Winter Wonderland in a Jam Jar. Foto: Crafts


11. TARDIS in the Snow
Diorama tardis di musim dingin. Tahu apa itu tardis? Tardis adalah mesin waktu yang muncul dalam karya fiksi Doctor Who. Tardis ini dari luar terlihat seperti booth telepon umum polisi (telepon umum yang hanya bisa dipakai untuk menghubungi polisi). Tapi begitu masuk ke dalam, tardis akan membawamu ke berbagai zaman yang kamu mau.
Hmm.. mau dong mesin waktu...
TARDIS in The Snow. Foto: Geek with Curves


12. Bench Snow Globe
Bangku taman dalam snow globe. Gambaran musim dingin yang sepi di taman bisa didapat dari diorama snow globe yang sederhana ini.
Bench Snow Globe. Foto: A Lions Nest


Klik link di bawah masing-masing foto untuk melihat tutorial cara pembuatannya. Biasanya mereka menyediakan foto step-by-step yang mudah diikuti.

Hanya perlu siapkan toples, beberapa jenis figur atau mainan, lalu hias dengan bubuk sterofoam sebagai saljunya. Berbagai jenis toples kaca bisa digunakan. Itu adalah bahan dasar untuk menciptakan negeri dongeng dalam toples. Kalau mau membuat diorama yang berbeda, bisa saja, yang penting adalah kreatifitas.


-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --