Cara Menggunakan Mint untuk Mengusir Tikus

Aroma khas dari daun mint ternyata bisa mengusir tikus dari rumah, karena tikus sangat membenci aroma daun mint. Baik itu aroma daun mint segar atau aroma dari minyak peppermint.
Oleh karena itu, menggunakan mint adalah cara paling menyenangkan untuk mengusir tikus dari rumah, apalagi jika Anda suka dengan aroma mint yang menyegarkan.
Cara Menggunakan Mint untuk Mengusir Tikus
Cara Menggunakan Mint untuk Mengusir Tikus

Berikut 4 cara sederhana menggunakan mint untuk mengusir tikus:

1. Tanam mint di dalam rumah
Tanam mint dalam pot lalu simpan di tempat-tempat yang sering didatangi tikus seperti dapur, dan di depan jendela. Aroma mint yang khas akan mencegah tikus-tikus kecil dari mencuri makanan di dapur.
Tanaman mint tidak akan tumbuh dengan baik di dalam rumah yang kurang pencahayaan, maka gunakanlah minyak peppermint (peppermint oil) sebagai pengganti.

2. Celupkan kapas ke dalam minyak peppermint
Minyak peppermint beraroma lebih kuat dari daun mint segar. Minyak peppermint yang terbuat dari daun mint bisa dibeli di supermarket, toko kosmetik, atau toko lain yang menjual minyak esensial.
Celupkan bola kapas atau lembaran kapas ke dalam minyak peppermint lalu simpan kapas di tempat-tempat yang sering didatangi tikus. Lebih baik lagi dengan cara menutup lubang tikus dengan kapas minyak peppermint. Ganti kapas setiap beberapa hari agar aroma mintnya tetap kuat.

3. Campur minyak peppermint dengan produk pembersih
Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam produk pembersih multifungsi (sabun pembersih lantai dan perabot), kocok sampai benar-benar tercampur, lalu gunakan untuk membersihkan lantai, lap furniture, membersihkan meja dapur, kompor, dan sebagainya.

4. Gunakan minyak peppermint sebagai penyegar udara
Caranya dengan mencampur beberapa tes minyak peppermint dengan segelas air, lalu simpan dalam botol spray, maka jadilah penyegar udara serbaguna. Semprotkan penyegar udara minyak peppermint ini di tempat-tempat yang diinginkan seperti dapur, kolong ranjang, atau kamar mandi. Selain bisa menjauhkan tikus dari rumah, aroma minyak peppermint ini juga bisa digunakan sebagai aroma terapi.

Manfaat mint ternyata lebih banyak dari yang dikira, kan? Selain enak jadi lalapan, bisa dinikmati sebagai teh mint, sebagai aroma terapi, juga bisa membersihkan rumah dari tikus-tikus pengganggu.


-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --