Lakukan 10 Hal Ini Di Rumah Sebelum Pergi Liburan

June 08, 2017


Sedang merencanakan mudik atau liburan bareng keluarga? Lakukan 10 hal ini dulu sebelum berangkat. Membersihkan rumah dan melakukan persiapan-persiapan kecil sebelum pergi liburan bisa mengurangi stress saat kembali ke rumah setelah liburan. 
Lakukan 10 Hal Ini Di Rumah Sebelum Pergi Liburan
Lakukan 10 Hal Ini Di Rumah Sebelum Pergi Liburan
Kalau liburannya hanya satu atau dua hari mungkin tidak akan jadi masalah besar. Tapi meninggalkan rumah yang berantakan lebih dari empat hari bisa jadi sumber stress. Siapa senang pulang ke rumah yang kotor berantakan setelah seharian terjebak di dalam mobil atau pesawat?

10 hal mudah yang perlu dilakukan di rumah sebelum pergi liburan:
1. Bersih-bersih
Bersihkan rumah, perabot, dan isi kulkas adalah keharusan. Buang sampah atau simpan tempat sampah di luar rumah, supaya tidak menimbulkan bau busuk dalam rumah. Tutup tempat sampah dengan baik supaya tidak terkena hujan atau supaya tidak diacak-acak oleh kucing liar.

2. Siapkan persediaan makanan
Stok makanan yang mudah dimasak di lemari dapur. Lebih baik lagi, bekukan keju, daging, sayuran, dan buah-buahan di freezer. Tidak mau, kan kehabisan makanan saat pulang liburan nanti?

3. Siapkan selimut dan handuk bersih
Menyiapkan selimut bersih di tempat tidur dan handuk bersih di kamar mandi bisa mengurangi stress saat kembali dari liburan. Saat ingin mandi sudah tersedia handuk bersih di kamar mandi, dan saat ingin tidur sudah tersedia selimut berish. Siapa yang tidak mau?

4. Matikan peralatan dapur dan kamar mandi
Matikan semua peralatan elektronik di dapur dan kamar mandi seperti kompor listrik, microwave, rice cooker, pemanggang roti, mesin cuci, pemanas air, dan lainnya. AC atau kipas angin juga perlu dimatikan. Pastikan kabelnya terlepas dari colokan, karena alat elektronik tetap memakan daya listrik jika disambungkan ke colokan walaupun tidak dinyalakan. Matikan juga semua keran, jangan sampai ada air yang bocor.

5. Biarkan beberapa alat elektronik tetap menyala
Ada beberapa alat elektronik yang sebaiknya ditinggalkan menyala di rumah:
- Kulkas
Kulkas perlu tetap menyala. Selain karena tempat menyimpan bahan makanan, juga supaya tidak ada kebocoran air dalam dalam kulkas.
- Lampu otomatis
Kalau memasang lampu otomatis di rumah, atur supaya lampu menyala di malam hari. nyalakan lampu di beberapa tempat, seperti di ruang tengah, dapur, teras, dan lampu halaman belakang. Ini untuk memberi kesan seolah-olah ada orang di rumah. Ingat, rumah kosong rentan dimasuki perampok.
- Jam radio
Biasanya, jam radio bisa diatur seperti alarm. Artinya, bisa menyala otomatis sesuai waktu yang diinginkan. Atur jam radio agar menyala siang dan sore hari. Alasannya sama seperti menyalakan lampu otomatis.

6. Siram tanaman
Punya tanaman di rumah? Siram dulu sebelum pergi. Akan lebih baik kalau titip pesan ke tetangga atau siapa pun yang dipercaya untuk menyiram tanaman di rumah. Jangan sampai bunga, sayuran, dan pohon mengering selama tuan rumah pergi liburan.

7. Titip kunci dan kontak info pada orang yang dipercaya
Titip kunci rumah, kunci mobil (kalau meninggalkan mobil di rumah), dan kontak info kita  pada orang yang dipercaya. Beritahu dia kemana dan berapa lama kita akan pergi liburan. Sehingga jika terjadi hal buruk di rumah, dia bisa menghubungi polisi dan menghubungi kita.

8. Berhenti langganan koran dan susu untuk sementara
Berlangganan koran dan susu setiap hari? Hubungi tempat langganan koran dan susu, minta mereka untuk tidak mengirim koran dan susu selama kita pergi liburan.

9. Pastikan pintu dan jendela terkunci rapat
Periksa ulang sebelum pergi untuk memastikan pintu dan jendela terkunci rapat. Tutup juga tirai kalau dirasa perlu.

10. Minta seseorang untuk jadi house-sitter
Di luar negeri ada yang disebut dengan house-sitter, yaitu orang yang bertugas menjaga dan membersihkan rumah selama pemilik rumah pergi. Beda dengan asisten rumah tangga atau satpam, house-sitter hanya tinggal pemilik rumah pergi. Di Indonesia mungkin dikenal dengan sebutan penjaga rumah sementara. Minta orang yang dipercaya untuk tinggal dan menjaga rumah selama kita pergi. Jelaskan pada mereka apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama tinggal di rumah kita, siapkan juga makanan dan insentif yang layak untuk mereka. House-sitter adalah alternatif untuk mereka yang suka liburan, tapi tidak punya asisten rumah tangga atau satpam.

Kurangi stress saat pulang liburan dengan melakukan 10 hal tersebut. Atau ada hal penting lain yang perlu dilakukan sebelum pergi liburan?


-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --