Tips Memilih Warna Yang Tepat Untuk Ruangan



Ciptakan mood yang diinginkan dengan memilih warna yang tepat untuk ruangan. Karena warna ruangan memiliki pengaruh besar dalam menciptakan suasana hati penghuni rumah.

Tips Memilih Warna Yang Tepat Untuk Ruangan
Tips Memilih Warna Yang Tepat Untuk Ruangan
Mau ganti warna cat di rumah tapi bingung mau pilih warna apa? Baca dulu teori warna di bawah ini untuk membantu memilih warna yang sesuai dengan karakter dan mood yang ingin kamu ciptakan.

Berikut, tips memilih warna yang tepat untuk ruangan:

1. Putih
Warna putih adalah warna minimalis yang akan membuat ruangan terlihat bersih, terang dan simple.
Tapi, warna putih juga menggambarkan warna yang kosong dan dingin seperti salju. Penyuka warna putih kadang dianggap sebagai pribadi yang terlalu menjaga diri dan menjaga jarak dari orang lain.

2. Merah
Merah adalah warna yang energetic, menggambarkan keberanian, kekuatan, spontanitas, dan gairah. Merah adalah warna yang cocok untuk mereka yang suka berpesta dan bersosialisasi.
Tapi, sebagai warna yang kuat, merah juga bisa menggambarkan kemarahan dan bahaya. Penyuka warna merah cenderung memiliki mood yang menyala-nyala dan mudah marah.

3. Pink
Pink adalah warna yang menggambarkan kesehatan, feminin, hangat, manis dan menenangkan. Karena itu, warna pink adalah warna yang cocok untuk kamar tidur anak –terutama untuk anak perempuan.
Tapi, selain sebagai warna yang feminin, warna pink juga menggambarkan kelemahan dan ketidakdewasaan. Karena itu, warna pink tidak cocok untuk anak laki-laki. 

4. Jingga
Warna jingga (atau biasa disebut orange) adalah warna yang hangat yang menggambarkan kepercayaan diri, persahabatan, dan keberanian. Warna jingga cocok digunakan sebagai warna ruang tamu untuk menyambut para tamu agar mereka merasa disambut dengan hangat dan bersahabat. Warna jingga juga baik untuk mewarnai ruang makan karena dipercaya bisa meningkatkan selera makan dan antusiasme.

5. Kuning
Warna kuning adalah warna yang cerah yang bisa meningkatkan keceriaan, energi, kreativitas, hingga meningkatkan intelektual dan kebahagiaan. Karena itu, warna kuning sangat cocok digunakan untuk mewarnai ruang belajar, kamar anak, dan ruang keluarga.
Tapi, warna kuning tidak cocok untuk kamar bayi yang baru lahir karena dianggap bisa membuat bayi menangis. Tidak jelas apa alasannya.

6. Hijau
Warna hijau menggambarkan kealamian, kesegaran, pertumbuhan, dan penyembuhan. Warna hijau juga memberi efek menenangkan pada penghuni rumah, sehingga cocok untuk kamar tidur atau ruang keluarga.

7. Biru
Warna biru adalah warna yang dinamis, menggambarkan kesetiaan, keamanan dan kecerdasan. Warna biru cocok digunakan di ruang kerja karena bisa meningkatkan ketenangan emosi dan fokus saat bekerja.
Tapi, warna biru dipercaya bisa merusak selera makan, sehingga tidak cocok untuk mewarnai dapur dan ruang makan.

8. Ungu atau violet
Warna ungu menggambarkan ambisi, kemewahan dan keanggunan. Warna ini juga bisa menstimulasi intuisi dan imajinasi. Ssst, ada juga yang bilang bahwa warna ungu adalah warna aphrodisiac yang bisa meningkatkan gairah sex, sehingga cocok untuk mewarnai kamar tidur utama.

9. Coklat
Coklat adalah warna alam yang menggambarkan umur panjang dan keramahtamahan. Selain itu, penyuka warna coklat biasanya memiliki kepribadian yang konservatif, menghargai tradisi, dan memiliki keyakinan kuat terhadap agama atau kepercayaan. Sebagai contoh, lihatlah karakter orang-orang yang tinggal di rumah tradisional dengan furniture kayu atau cat berwarna coklat.

10. Hitam dan abu-abu
Warna hitam menggambarkan kekuatan dan kecerdasan, juga sering dianggap sebagai warna yang berkelas dan formal, sehingga cocok untuk mewarnai ruang kerja. Tidak harus memenuhi seluruh ruangan dengan warna hitam, cukup menjadikan warna hitam sebagai warna utama dari furniture yang digunakan.
Tapi, warna hitam juga adalah warna yang menggambarkan kematian dan kejahatan. Penyuka warna hitam dan abu-abu biasanya memiliki kepribadian yang misterius dan dianggap mengintimidasi oleh kebanyakan orang.

Sekarang, sudah tahu mau pilih warna apa yang cocok untuk ruanganmu?

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --