Cara Mendapatkan Ruang Lebih Besar di Rumah Sempit

Cara Tepat Menata Rumah Sempit untuk Mendapatkan Ruang Ekstra dan Membuat Ruangan Terlihat Lebih Besar

Banyak yang bilang bahwa menata ruangan di rumah sempit itu serba susah, apalagi kalau ingin mendapatkan ruang ekstra. Itu karena mereka belum cara tepat menata ruangan di rumah sempit. Dengan sedikit penyesuaian, perabot bisa dibuat lebih fungsional dan menghemat pemakaian ruangan. Hasilnya: mendapatkan ruang ekstra dan membuat ruangan terlihat lebih besar.

Inti dari menata rumah sempit adalah melakukan penyesuaian dengan trik tepat. Cara ini tidak akan banyak memakan biaya.

Trik menata rumah untuk mendapatkan ruang ekstra:
1. Desain secara vertikal

Foto: http://www.woohome.com/interiors/bachelor-apartment-features-a-bed-suspended-from-the-ceiling
Untuk tempat sempit, dekorasi vertikal adalah kebutuhan. Dari membuat rumah dua lantai atau lebih, sampai memanfaatkan tinggi dinding. Pasang rak gantung atau menempel pada dinding. Pasang tempat tidur yang bisa dipasang secara vertikal. Kalau punya dana lebih untuk mengganti TV lama, maka pilihlah TV layar datar yang bisa ditempel di dinding. Dan kalau ingin berkebun, maka buatlah vertical garden (kebun vertikal) di teras atau di dalam rumah.

Foto: http://www.pinterest.com/pin/231583605811633451/
2. Manfaatkan permukaan dinding dan ruang dalam dinding
Foto: http://www.withlovefromkat.com/
Bagian permukaan dinding sudah banyak dimanfaatkan untuk menempelkan hiasan, menggantung rak, atau menyandarkan lemari. Permukaan dinding bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk menghemat ruang di rumah sempit. Tapi, belum banyak pemilik rumah yang tahu cara tepat memanfaatkan ruang di bagian dalam dinding.

Foto: http://www.pinterest.com/pin/59743132526340370/
Rata-rata dinding rumah memiliki ketebalan antara 7 sampai 15 senti meter. Dengan ketebalan seperti itu, kita bisa mengambil ruang dalam dinding untuk membuat lemari rahasia atau rak terbuka yang praktis. Seperti gambar di atas dan di bawah ini:

Foto: BHG.com
3. Manfaatkan pintu dengan baik

Foto: http://www.bhg.com/decorating/small-spaces/strategies/storage-solutions-for-small-bedrooms/
Daun pintu (bagian depan dan belakang) bisa digunakan sebagai tempat menggantung berbagai benda. Seperti yang paling sering dilakukan adalah menggantung payung di pintu depan, atau menggantung baju di pintu kamar. Sementara pintu lemari dapur biasa digunakan untuk menggantung rak kecil penyimpan peralatan makan dan toples bumbu. Rak sempit di atas pintu juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beberapa barang. Intinya, buka kreatifitas untuk memanfaatkan pintu dengan sebaik-baiknya.

Towel Rack terbuat dari pipa PVC.
Foto: http://www.instructables.com/id/PVC-Door-Hinge-Towel-Rack/
4. Kombinasi furniture adalah solusi bagus

Foto: http://www.bobvila.com/articles/diy-platform-bed/#.VK1hhyvF98F 
Mengkombinasikan dua atau tiga furniture menjadi satu furniture yang multifungsi dan praktis bisa memberi ruang ekstra. Apa cara ini tampak rumit? Sebenarnya tidak juga. Contoh gambar di atas yang menggabungkan rak dan tempat tidur, dan contoh di bawah adalah gabungan dua tempat tidur dengan rak dan dilengkapi dengan laci di bawah ranjang.
Foto: HGTV
5. Gunakan furniture besar
Terdengar berlawanan dari tujuan menghemat ruang? Tidak juga. Maksudku, kadang menempatkan satu buah sofa besar di ruang keluarga bisa jadi lebih baik dibandingkan dengan menyebarkan beberapa kursi kecil di tengah ruangan. Karena itu, hitung dan bandingkan ukuran dengan baik saat memilih furniture. Coba bandingkan dua desain ruang keluarga di bawah, mana yang lebih baik untuk ukuran ruang keluarga yang kecil?

Foto: via StylishEve
6. Bersihkan dan rapikan

Foto: http://secondchancetodream.com/2014/07/bedroom-organization.html
Ruangan sempit tidak punya tempat untuk ‘berantakan’, karena itu rajinlah bersih-bersih dan merapikan barang-barang. Setelah ruangan dibersihkan dengan baik dan semua barang tersimpan pada tempatnya, maka ruangan akan terlihat lebih lega. Kalau tidak punya lemari atau laci yang memadai, maka dus dan tas belanja juga bisa jadi tempat penyimpanan yang baik.

Foto: http://lezoemusings.wordpress.com/2013/04/09/organizing-with-tiffany/


Berikutnya adalah trik untuk membuat ruangan terlihat lebih besar:
Tidak perlu jadi pesulap untuk melakukan trik ilusi ini.

1. Pasang Cermin
Tempel atau sandarkan cermin besar ke dinding. Cermin akan menghasilkan ilusi ruangan terlihat dua kali lebih besar.

Foto: http://www.sfgirlbybay.com/2016/06/20/i-have-a-thing-for-these-mirrors/
2. Gunakan warna cerah
Menggunakan warna cerah, terutama putih, adalah cara paling mudah untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih lega. Warna cerah memantulkan cahaya sehingga ruangan terlihat lebih terang dan lega, sementara warna gelap menyerap cahaya sehingga ruangan terlihat lebih sempit dan sesak. Gunakan warna cerah pada cat dinding, furniture, dan lantai. Kalau tidak bisa mengubah warna dinding dan lantai karena tinggal di rumah sewaan atau kost, maka pemilihan furniture berwarna cerah adalah solusinya. Misal menggunakan karpet berwarna cerah untuk menutupi lantai yang gelap, dan menggunakan lemari berwarna putih untuk mencerahkan dinding yang gelap.

3. Bermain dengan motif cat

Foto: http://www.countryliving.com/homes/how-to-get-the-look/budget-decorating-makeover-0109
Sedikit berbeda dengan trik ke-dua. Trik ke-tiga ini adalah tentang pemilihan motif atau gambar pada dinding yang bisa membuat ruangan terlihat lebih besar. Misal, garis mendatar (horizontal) pada dinding bisa memberi kesan ruangan tampak lebih besar, sementara garis menurun (vertikal) bisa membuat ruangan terlihat lebih ramping. Kalau tertarik untuk menghias dinding dengan wallpaper, gambar grafiti, lukisan abstrak atau semacamnya, maka pertimbangkan juga dampak yang akan ditimbulkan pada ruangan. Apakah akan membuat ruangan terlihat lebih gelap dan sempit, atau sebaliknya?

Foto: http://www.fermlivingshop.com/collections/wallpaper/products/vertigo-wallpaper

Tinggal di rumah kecil memang memiliki keterbatasan dibandingkan dengan tinggal di rumah luas. Tapi kalau tahu triknya, rumah kecil bisa jadi tempat tinggal yang lebih nyaman dibandingkan dengan rumah yang luas. Aku sendiri lebih suka tinggal di rumah kecil karena perawatannya tidak semerepotkan rumah besar.


-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --