8+ Cara Mudah Mengurangi Kebisingan di Rumah

Tips mengurangi kebisingan di rumah dengan mudah. Penting untuk mereka yang tinggal di dekat pusat keramaian, di pinggir jalan, atau untuk mereka yang menginginkan lebih banyak privasi di rumah sendiri. Juga supaya suara di dalam rumah tidak terdengar oleh tetangga.

Suara akan makin terdengar bising kalau rumah dikelilingi oleh bahan keras yang bisa memantulkan suara. Karena itu, cara untuk mengurangi kebisingan adalah dengan mengurangi penggunaan material keras pemantul suara, dan menggantinya dengan menggunakan material lembut yang bisa menyerap suara.

Beberapa cara mudah untuk mengurangi kebisingan di rumah:

1. Tutup lubang

Kalau ingin mencegah suara dari luar masuk ke dalam rumah, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah menutup pintu, jendela, dan semua lubang pada dinding yang bisa membocorkan suara. Semakin sedikit lubang, semakin sedikit suara yang bisa masuk ke dalam ruangan. Ini hal sederhana, kan?

2. Gelar karpet

2. Gelar karpet
Simple. Foto: Yhya Mohamed
Pasti sering dengar suara sepatu/sandal saat kaki melangkah di atas lantai keramik? Lantai keras, seperti bata dan keramik, bisa memantulkan suara dan membuat suara bergema di seluruh ruangan. Menggelar karpet berbahan lembut seperti kain, busa, atau karet adalah cara paling mudah untuk meredam suara. Gelar karpet di atas lantai-lantai yang paling sering dilalui untuk mengurangi kebisingan di dalam rumah.

3. Pasang lantai kayu

3. Pasang lantai kayu
Foto: Amir Qashqai
Lantai kayu (wood flooring) tidak akan memantulkan suara sekeras bata atau material besi. Karena itu memasang lantai kayu, bambu atau lantai rotan bisa membuat ruangan terdengar lebih sunyi, dibandingkan dengan lantai marmer.

4. Pasang penyekat ruangan

4. Pasang penyekat ruangan
Foto: designrulz
Teorinya mirip dengan cara nomor 1, tapi memasang dinding di tengah ruangan tidak selalu jadi solusi yang baik, apalagi untuk rumah kecil dan ruangan sempit. Maka salah satu solusi untuk mengurangi kebisingan di tengah ruangan adalah dengan memasang penyekat ruangan. Bisa dengan memasang lemari atau rak yang tinggi di tengah ruangan, atau cara yang lebih sederhana adalah memasang tirai. Pasanglah beberapa lapis tirai berbahan kain, busa atau karet di tengah ruangan. Selain bisa meredam suara, juga bisa memberi privasi tambahan pada ruangan.

5. Lapisi dinding

5. Lapisi dinding
Foto: Jacquelyn Clark
Teorinya sama seperti ruang rekaman yang seluruh dindingnya dilapisi oleh busa atau bahan peredam suara. Tapi untuk kebanyakan pemilik rumah biasa, memasang peredam suara seperti itu dianggap terlalu mahal. Maka beberapa material yang bisa digunakan sebagai pengganti peredam suara buatan pabrik, adalah: kain tebal, sterofoam, atau gabus. Bisa juga dengan menempelkan lemari atau rak buku pada dinding. Cara ini bisa mengurangi pantulan suara di ruangan.

6. Memendekkan langit-langit

 6. Memendekkan langit-langit
Foto: Pinterest
Ini tidak sesulit yang tertulis. Pemilik rumah tidak harus merombak rumah untuk mengubah ukuran langit-langit rumah, tapi cukup dengan memasang kanopi atau kain antara ½ -1 meter di bawah langit-langit. Suara tidak akan bergema pada ruangan dengan langit-langit yang pendek, atau setidaknya tidak sekeras pada ruangan luas dengan langit-langit tinggi.

7. Hiasan dinding peredam suara

7. Hiasan dinding peredam suara
Fabric Panels. Foto: Belladia
Memang tidak ada hiasan dinding peredam suara yang dijual di pasaran, tapi ini bisa dibuat  dengan mudah. Misal dengan memasang lapisan busa atau gabus di balik pigura foto, atau memasang hiasan dinding berbahan kain.

8. Landscaping

8. Landscaping
Privacy Wall With Fence Panels. Foto: HGTV
Halaman rumput atau bagian luar rumah yang dipenuhi rumput bisa meredam suara dari luar. Tanah dan rumput ini bisa mengurangi getaran dari laju kendaraan di jalan. Selain itu, memasang pagar tanaman di sekeliling rumah bisa meredam suara, mengurangi polusi, juga memberi privasi pada rumah. Secara keseluruhan, landscaping adalah cara yang menyegarkan untuk mengurangi kebisingan.

Pagar tanaman
Garden Wall. Foto: Deborah Silver

Kalau suara bising masih terdengar juga, ada cara paling cepat untuk mengatasinya: gunakan penutup telinga. Tutup telinga dengan kapas, headphone, atau bantal kalau tidak bisa tidur akibat suara TV yang sedang ditonton oleh orang di dalam rumah. Karena kebisingan tidak hanya berasal dari luar rumah.

Punya ide lain untuk mengurangi kebisingan di rumah?


-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --