10 Tips Mudah Menata dan Merapikan Dapur

Dapur yang rapi bisa membuat proses memasak jadi lebih menyenangkan. Dan perabot dapur yang tertata dengan baik akan memudahkan kita saat sewaktu-waktu kita memerlukan perabot tertentu.

Menata dapur bisa dilakukan dengan mudah dan murah kalau tahu triknya. Berikut, 10 tips menata dan merapikan dapur dengan mudah, tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya ataupun banyak tenaga:

# Simpan alat pembersih di bawah wastafel
Langkah pertama dan paling penting dalam merapikan dapur adalah: bersihkan.
Sebelum dan sesudah membersihkan dapur, sebaiknya simpan alat dan bahan pembersih dengan rapi agar selalu mudah diambil saat dibutuhkan. Tempat yang tepat untuk menyimpan alat dan bahan pembersih adalah di bawah wastafel/sink. Tapi jangan asal simpan di bawah wastafel. Tata dan rapikan ruang di bawah wastafel supaya lebih rapi.

Foto: Pinterest
# Rapikan laci
Isi laci yang tertata rapi bisa memuat lebih banyak barang, dan barang-barang tersebut akan mudah diraih saat dibutuhkan. Pasang wadah-wadah kecil atau penyekat laci supaya barang-barang kecil bisa tersimpan rapi.

# Manfaatkan setiap senti lemari pantry/kabinet
- Tak ada tempat lagi untuk menyimpan cangkir? Pasang pengait di bagian bawah rak untuk menggantung cangkir, supaya lemari bisa memuat lebih banyak gelas dan cangkir.

Foto: Pinterest
- Buat laci tiruan dalam lemari supaya barang-barang lebih mudah diambil dari dalam lemari. Membuat laci tiruan ini bisa menggunakan kotak misting/plastic bins berukuran cukup besar. Atur dan simpan barang-barang yang sejenis di tempat yang sama, kalau perlu beri label pada tiap laci supaya tidak lupa saat mencari apapun.

- Pasang penyekat tambahan di dalam lemari supaya piring, nampan, atau talenan, bisa disimpan berdiri sehingga mudah terlihat dan lebih mudah diambil.

- Tata piring, cangkir, dan semua perabot dapur dalam lemari pantry dengan rapi. Kalau perlu, pasang rak tambahan.

# Manfaatkan pintu lemari
- Pasang beberapa metal storage bins pada bagian dalam pintu lemari untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti bumbu sachet, camilan dalam kemasan, atau sendok dan garpu.

Foto: Lil Blue Boo
- Pasang Lid Towel Racks as Lid Storage di bagian dalam pintu untuk menyimpan tutup panci.

Towel Racks as Lid Storage. Foto: Martha Stewart
# Pasang Wadah Tambahan
Kalau lemari dan laci sudah penuh, gunakan wadah tambahan untuk menyimpan makanan atau bumbu sachet. Seperti shoe rack/shoe holder yang praktis ini, cukup gantung di samping lemari atau di balik pintu lemari untuk menjaga kerapihan di dapur.

# Fold-out pantries
Kalau punya dana lebih, kenapa tidak membuat Fold-Out Pantries? Selain lebih praktis, juga bisa memuat lebih banyak barang dan tertata dengan baik.

Foto: JdOrganizer

Punya tips yang lebih mudah dari ini?


-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --