5 Cara Mudah Membuat Penyekat Ruangan (Tanpa Dinding)

Memiliki ruangan terbuka, tanpa dibagi-bagi oleh banyak dinding adalah pilihan bagus untuk para lajang pemilik rumah kecil. Karena ruangan terbuka bisa memberi kesan luas. Tapi bagi mereka yang sudah berkeluarga, dinding/penyekat ruangan sangat penting untuk memisahkan ruangan satu dengan yang lainnya, dan untuk memberi privasi.

Jadi, bagaimana dengan keluarga yang memiliki rumah kecil? Dinding bisa memberi privasi, tapi membuat rumah makin sempit. Karena itu, menggunakan penyekat non-dinding adalah alternatif lebih baik. 

Lima ide pemisah ruangan di bawah ini adalah ide menyenangkan, mudah untuk dicoba dan ramah anggaran.

1. Gunakan Tanaman
Pajang beberapa pot tanaman di tengah ruangan, menurutku ini adalah ide penyekat ruangan yang paling cerdas. Karena tanaman juga berfungsi sebagai penghias ruangan, dan paling penting bisa menghasilkan udara segar di dalam rumah karena daun tanaman menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Sehat, indah, dan privasi bisa didapatkan dari tanaman.
Foto: Foter
Cara Mudah Membuat Penyekat Ruangan

2. Kawat kabel untuk tirai
Tirai adalah cara paling umum dan sederhana untuk mendapatkan privasi.  Dan kelebihan dari tirai adalah: bisa dibuka-tutup dengan mudah.

Kawat kabel mudah didapat dan mudah dipasang, serta sangat ringan tapi kuat untuk menggantung tirai. Kalau tidak punya kawat kabel yang cukup panjang, bisa diganti dengan tali, bambu, pipa pvc, atau besi.
Cara Mudah Membuat Penyekat Ruangan
 
3. Lemari dan rak
Punya rumah kecil, tapi membeli lemari besar dan tinggi, menggunakan lemari besar itu untuk memajang piring dan gelas yang seharusnya disimpan di dapur, lalu menempatkan lemari besar itu di ruang keluarga yang sekaligus jadi ruang tamu. Itu adalah kebiasan orang Indonesia. Well, kalau memang pemilik rumah menyukainya, kenapa tidak?

Menggunakan lemari sebagai penyekat ruangan adalah ide bagus. Bisa jadi pengganti dinding sekaligus penyimpan perabot dan pajangan. Bagian belakang lemari bisa dihiasi dengan gambar, atau tempat menempel catatan. Plus, ini adalah cara cerdas untuk menghemat ruangan di rumah sempit.
Foto: gallery of Darlinghurst Apartment / Brad Swartz Architect, photograph by Katherine Lu

Jendela pada dasarnya memang pemisah ruangan, seperti dinding tapi bisa dibuka. Jadi kenapa tidak pasang jendela di tengah ruangan sebagai partisi? Bingkai jendela bisa memberi privasi pada ruangan, namun sirkulasi udara di ruangan tetap berjalan baik.
Foto: Living2Design

5. Penyekat ruangan dari bahan-bahan daur ulang
Sebenarnya menciptakan penyekat ruangan sama sekali tidak sulit, dan tidak ada aturan bahwa penyekat ruangan harus terbuat dari bata atau kayu. Untuk menciptakan penyekat ruangan yang lebih menarik dan ramah lingkungan, maka bahan-bahan daur ulang bisa jadi pilihan tepat. 

Lihat contohnya di bawah ini. Penyekat ruangan yang terbuat dari botol plastik, botol kaca, dan vinyl record.


Foto: Inhabitat

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --