4 Tips Mendekorasi Sofa

Kalau Anda berpikir bahwa sofa tidak perlu didekorasi, Anda salah. Bentuk, bahan, dan motif sofa yang sudah menarik memang tidak perlu diotak-atik, tapi apa yang ada di sekitar sofa itulah yang perlu didekorasi agar cocok dengan penampilan sofa dan membuat ruangan semakin nyaman untuk ditempati.

Berikut 4 tips mendekorasi sofa:

1. Tambahkan end table
Foto: Vissevasse. Via: The Design Chaser
End table atau yang disebut juga side table adalah meja kecil yang biasa ditempatkan di samping sofa. Menambahkan end table di samping sofa telah menjadi trend dekor yang praktis akhir-akhir ini. End table berguna untuk menyimpan remote control, buku yang sedang dibaca, atau gelas minuman. Selain itu, menempatkan vas bunga yang cantik atau lampu hias di atas end table bisa semakin mempercantik ruangan dan membuat dekorasi ruangan terkesan lebih hangat.

2. Lampu di samping sofa
Foto: Google
Tambahkan satu atau dua lampu di samping sofa secara artistik untuk mempercantik sofa, dan ruangan juga akan tampak lebih elegan. Baik lampu meja atau lampu lantai. Fungsi lampu meja atau lampu lantai ini memang bukan sebagai penerang utama di ruangan, tapi cahaya lampu yang temaram bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman dan intim. Lampu meja juga bisa memberi pencahayaan tambahan saat membaca buku favorit.
Foto:  Rachel Whiting

3. Gunakan nampan
Iron Wire Serving Tray. Foto: 13and Market
Nampan yang diletakkan di atas end table, ottoman, atau meja di depan sofa tidak hanya berguna untuk menyajikan makanan dan minuman, tapi juga bisa menambah elemen dekoratif. Letakkan juga aksesoris dekoratif –seperti vas bunga, kerang, lilin hias, atau barang koleksi- di atas nampan yang cantik.

4. Tambahkan bantal sofa

Foto: RedBookMag
Bantal sofa adalah aksesoris dekoratif yang paling umum, paling banyak digunakan karena fungsinya, dan paling mudah didapat. Tambahan bantal di atas sofa juga membuat sofa lebih nyaman untuk diduduki. Asal jangan berlebihan, pastikan masih ada ruang untuk tempat duduk.

Terutama untuk sofa yang memiliki satu warna solid tanpa motif, menambahkan bantal sofa adalah kebutuhan untuk memberikan lebih banyak elemen dekoratif. Pilihlah sarung bantal sofa dengan warna yang kontras dari warna sofa, atau pilih yang memiliki motif lebih menarik sesuai selera. Selain dengan warna, cobalah berkreasi dengan bentuk dan ukuran bantal sofa yang beragam.


Mendekorasi sofa tidak sesulit kedengarannya? Kunci utama untuk membuat ruangan menjadi lebih menarik dan nyaman untuk kita adalah ‘dekorasi sesuai selera kita’.

Selamat berkreasi. :)

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --