12 Cara Artistik Memanfaatkan Cangkir Teh



Cara Memanfaatkan Cangkir Teh Jadi Hiasan yang Berguna dan Bernilai Seni
12 Cara Artistik Memanfaatkan Cangkir Teh
12 Cara Artistik Memanfaatkan Cangkir Teh
Punya cangkir teh atau cangkir kopi yang sudah kotor atau rusak, tapi sayang untuk dibuang? Air teh dan kopi lama kelamaan bisa meninggalkan noda yang sulit dihilangkan pada cangkir, gelas, atau mug. Beberapa goresan pada ujung cangkir juga berbahaya bagi bibir jika tetap digunakan untuk minum.

Karena masalah noda dan goresan-goresan kecil pada cangkir membuat kita enggan membuang cangkir-cangkir itu, jadi bagaimana kalau kita memanfaatkan cangkir-cangkir itu sebagai hiasan?

Sebelumnya sudah diposting beberapa artikel tentang ide memanfaatkan cangkir, tatakan, dan teko selain untuk minum. Cangkir dan teko ternyata memiliki banyak kegunaan, bahkan cangkir dan teko yang sudah pecah pun masih bisa jadi hiasan mozaik yang dekoratif.

Sekarang aku akan berbagi 12 cara artistik memanfaatkan cangkir teh:

- Tempat memajang perhiasan, terbuat dari cangkir dan tatakan. Cantik juga jadi hiasan meja makan saat perjamuan makan malam.
3 tiered jewelry display stand. Foto: Flickr

Tea cup art. Foto: elbrooklyntaco.com

Foto: Twojediy

- Atau balikkan cangkir lalu letakkan piring di atasnya untuk menyimpan kue, dan jadilah cakestand yang unik.
Vintage plate cakestand. Foto: DIY: Cake Stand

- Gunakan untuk menancapkan jarum-jarum kecil, supaya kita selalu tahu di mana harus mencari jarum saat membutuhkannya. Jangan sampai jadi seperti “mencari jarum dalam tumpukan jerami”.
5 minute no-sew teacup pincushion. Foto: Punk Projects

- Buat tempat jarumnya berbentuk es krim seperti di bawah ini, lucu dan unik. Dipajang di dalam cangkir teh seperti ini membuatku jadi ingin makan es krim.

- Buat sebuah jam dinding besar dari beberapa cangkir bekas. Tidak harus serupa, cangkir dengan corak beragam justru membuat jamnya terlihat lebih menarik.

Jam dinding dari tea cups. Foto: Retropolitan Hip

- Buat hiasan gantung (hanging decoration) dari cangkir dan tatakan lalu pajang di dalam rumah atau di teras, seperti di bawah ini. Untuk membuatnya hanya perlu menempel cangkir dan tatakan dengan lem superglue, lalu ikat dan gantung menggunakan pita.
Pretty floral shabby chic tea cups. Foto: French Blue and Peachy Pink

- Lonceng angin dari cangkir. Sebenarnya tidak terlalu setuju dengan ide lonceng angin ini. Kalau ada angin besar, cangkir-cangkir bisa saling beradu dan pecah. Sebaiknya pajang di dalam rumah di depan kaca jadi semacam tirai cangkir. Lebih aman, tidak perlu khawatir pecah akibat tertiup angin. Tirai cangkir ide yang menarik, kan?
Foto: Jennifer Rizzo

- Atau gunakan cangkir untuk mengikat tirai seperti ini. Cantik, kan?
Foto: Copyepaste

- Menggunakan cangkir dan tatakan untuk menghias taman atau kebun juga ok.
Dish totem for garden. Foto: Flea Market Gardening

Tea cup art for garden. Foto: Gardenweb forums

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --