10 Desain Foyer untuk Membuat Rumah Tetap Rapi

Foyer atau entryway atau hallway, atau kalau aku menyebutnya ‘jalan masuk rumah’, adalah bagian pertama yang akan didatangi saat masuk ke dalam rumah. Bisa dibilang sebagai ruang transit dari teras ke bagian dalam rumah.
Desain Foyer untuk Membuat Rumah Tetap Rapi
Painted Stencil Entryway. Foto: SincerelySarad
Umumnya rumah di Indonesia tidak memiliki foyer, karena itu istilah foyer atau entryway tidak akrab di telinga kebanyakan orang Indonesia. Dan karena itu juga aku tidak bisa menemukan padanan kata yang tepat untuk istilah foyer dalam bahasa Indonesia.
Entryway Closet makeover. Foto: TheHouse of Smiths
Di foyer biasanya ditempatkan lemari tempat menyimpan jaket, tas, payung, sandal dan sepatu. Ini untuk memudahkan penghuni rumah  kalau mereka datang atau ingin ke luar rumah. Ada juga yang menyediakan kursi untuk tempat duduk saat memakai sepatu, atau sebagai tempat duduk tamu sebelum mereka diajak masuk ke ruang tamu utama.
Entryway. Foto: Home Remedi esrx
Desain foyer disesuaikan dengan maksud dan selera pemilik rumah. Tapi aku sendiri suka desain foyer yang fungsional dan simple. Terutama untuk rumah yang dihuni oleh keluarga besar, dengan banyak anak, foyer adalah bagian rumah yang penting. Menyediakan satu tempat khusus untuk menyimpan jaket, jas hujan, payung, tas, sepatu supaya mudah diraih saat diperlukan dan rumah tetap rapi karena semua tersimpan di tempatnya.
Untuk desain yang lebih sederhana –apalagi kalau kurang dana, maka tidak perlu menyediakan lemari khusus di foyer. Beberapa pengait untuk menggantung jaket dan payung lalu sebuah rak sepatu adalah bagian dari foyer yang sering ditemui di rumah-rumah di Indonesia.
Foto: HappyInterior Blog
Sekarang semakin banyak orang yang mendesain foyer bukan hanya untuk fungsinya, tapi juga untuk alasan dekoratif dan kenyamanan. Seperti dengan sengaja membangun lemari foyer khusus, dan dilengkapi dengan hiasan dinding.
Berkley Residence traditional entry, DC Metro. Foto: Houzz
Foto: vtwonen
Wynnewood Residence traditional entry, Philadelphia. Foto: Houzz
New Traditional Family Residence traditional entry, Chicago. Foto: Houzz
Beberapa desain foyer mungkin tampak tidak biasa atau tidak sesuai dengan selera orang lain. Tapi itu bukan masalah, karena memang tidak ada aturan khusus dalam mendekorasi rumah. Satu-satunya aturan yang berlaku adalah ‘sesuai dengan keinginan pemilik rumah jika mereka mampu membuatnya.’

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --