Cara Memanfaatkan Kulit Telur untuk Menyuburkan Tanah dan Tanaman

Cara Memanfaatkan Kulit Telur untuk Menyuburkan Tanah dan Tanaman
Cara Memanfaatkan Kulit Telur untuk Menyuburkan Tanah dan Tanaman
Manfaat kulit telur untuk tanah dan tanaman:
- membantu menyeimbangkan kadar pH tanah dan membuat tanah lebih subur,
- menyediakan banyak kalsium untuk tanah yang kemudian bisa diserap oleh tanaman,
- mencegah ujung bunga dan ujung daun tomat membusuk.

Cara menggunakan kulit telur untuk tanah dan tanaman:
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci kulit telur sampai bersih, jemur sampai kering, lalu remukkan sampai bagian terkecil (diblender sampai bubuk lebih baik).
Kenapa kulit telur perlu dicuci? Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk mencucinya sampai bersih, tapi sisa telur (matang atau mentah) akan membusuk setelah beberapa hari, dan aku tidak suka melihat sisa makanan membusuk di pot tanaman sayuranku. Apalagi bau telur busuk bisa menyebar sampai ke dalam rumah. Karena itu, kulit telur perlu dicuci sampai bersih, lalu dijemur sampai benar-benar kering. Kulit telur yang basah walaupun bersih tetap bisa membusuk.
Karena masa pemupukan hanya perlu dilakukan sebulan sekali atau sebulan dua kali, biasanya kulit telur yang bersih dan kering itu kukumpulkan dan kusimpan dalam wadah plastik. Setelah terkumpul cukup banyak atau saat masa pemupukan tiba, baru kulit telur tersebut kutumbuk sampai halus (diblender lebih mudah, tapi aku tidak mau menggunakan blender khusus smoothie-ku untuk kulit telur).
Kulit telur bubuk memang lebih mudah digunakan, tapi tidak benar-benar bubuk juga tidak apa-apa. Tanah akan menghancurkan kulit telur secara alami, tapi tanah dan tanaman bisa menyerap kalsium dari kulit telur lebih cepat jika kulit telur sudah bubuk.

Berikut beberapa pilihan cara menggunakan kulit telur :
- Untuk menyuburkan bibit
Bubuk kulit telur bisa disampur dengan tanah dan media tanam bibit, atau taburkan bubuk kulit telur ke dalam lubang tanah yang akan ditanami bibit. Menggunakan pupuk kulit telur untuk bibit adalah cara terbaik supaya tanaman mendapatkan nutrisi yang baik sejak dini.
- Langsung gunakan sebagai pupuk
Cukup menaburkan bubuk kulit telur ke tanah di sekitar tanaman untuk menggunakannya sebagai pupuk.
- Buat ‘teh kulit telur’
Teh ini bukan untuk diminum, tapi untuk menyiram tanaman. Caranya membuatnya:
Campurkan 2 sdm kulit telur bubuk dan 1 sdm garam Epsom ke dalam 1 ember air panas (ember ukuran ±10 liter). Lalu simpan ‘teh kulit telur’ panas ini selama satu malam (lebih lama juga tidak apa-apa).
Setelah itu, ‘teh kulit telur’ sudah bisa digunakan untuk menyiram. Menyiram dengan ‘teh kulit telur’ ini cukup dilakukan sebulan sekali atau sebulan dua kali. Tidak perlu terlalu sering.
- Campur dengan bahan kompos
Cara lain memanfaatkan kulit telur untuk tanaman adalah mencampur kulit telur dengan bahan kompos. Untuk ini, kulit telur tidak perlu dicuci dulu. Cukup diremukkan lalu lempar ke tempat pembuatan kompos. Tapi kalau dicuci dulu, itu lebih baik.

Ada yang bilang bahwa kulit telur bisa mengusir hama tanaman. Itu tidak benar. Kulit telur tidak bisa mengusir hama tanaman.
Ada cara yang mudah dan alami untuk mengusir hama :
- mengundang binatang baik (burung, kupu-kupu, lebah madu, dsb) untuk mengusir hama,
Tidak disarankan menggunakan pembasmi hama berbahan kimia karena itu berbahaya untuk tanaman dan tanah.

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --