5 Hal Kecil yang Bisa Memberi Perubahan Besar pada Rumah

Dekorasi rumah bukan sekedar tentang furniture besar atau barang-barang mahal. Karena detail dan aksesoris kecil juga bisa memberi perubahan besar, terutama pada rumah berukuran kecil. Berikut 5 hal kecil yang bisa memberi perubahan besar pada dekorasi rumah.

- Kain pilihan untuk mempercantik ruangan
Take a break, by Irinel Florescu © Interior Delight

Salah satu detail yang perlu diperhatikan untuk mempercantik ruangan dalam rumah adalah kain. Jenis kain untuk tirai, jenis kain untuk sofa, taplak meja, kain seprei, atau jenis karpet. Gunakan jenis kain yang ringan dengan warna cerah untuk tirai di dalam ruangan yang kecil.


- Pajang barang koleksi secara istimewa
White Room - Another view, by Erlon Andrade

Daripada menyimpan barang koleksi dan aksesoris di dalam lemari tertutup, coba pajang di tempat khusus. Tidak harus mahal, yang penting memang dikhususkan untuk memajang barang koleksi bersamaan. Seperti etalase di toko, atau pajangan koleksi di museum, tapi dalam level rumahan. Misal memajang semua barang koleksi di atas satu rak di ruang tamu. Selain membuat ruangan jadi lebih rapih, mudah dijangkau, barang koleksi juga bisa jadi pusat perhatian para tamu yang datang ke rumah.

  

- Tanaman dalam Rumah

Rangkaian bunga bisa memberi warna dan membuat ruangan terkesan lebih hidup. Disarankan untuk menggunakan bunga segar dan hidup, bukan bunga imitasi. Rangkaian bunga tidak harus besar dan mahal, vas-nya juga tidak harus mewah. Bisa dengan membagi rangkaian bunga yang besar menjadi beberapa rangkaian bunga kecil, lalu memajangnya di beberapa ruangan.
Kalau pemilik rumah tidak suka bunga, atau alergi serbuk bunga. Maka ganti saja dengan tanaman herbal atau pohon kecil dalam pot. Apapun bentuknya, tanaman selalu bisa memberi kehidupan.
Foto : Handmade Evolution 

- Pilihan warna yang sesuai

Cottage Living Room, by Randy Daynard

Warna ruangan tidak hanya dibentuk oleh cat dinding, tapi juga oleh warna lantai, tirai, karpet, perabot termasuk hiasan dinding. Sesuaikan warna cat dinding dengan lantai, perabot, dan pajangan agar bisa menciptakan ruang yang lebih nyaman, dan menghilangkan kesan membosankan namun tidak berlebihan.


- Modifikasi furniture

Foto : BHG

Memodifikasi furniture (kalau bukan mengganti furniture) adalah cara lain untuk memberi perubahan pada dekorasi rumah. Bisa dengan memberi warna baru pada lemari lama, atau memajang lemari dengan cara yang berbeda. Misal, rak lantai yang biasa dipajang secara berdiri di atas lantai, ubah menjadi rak dinding yang praktis.


-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --