10 Cara Kreatif Manfaatkan Parutan Bekas

Mengubah fungsi parutan dan sedikit memodifikasinya bisa membuat parutan jadi aksesoris dekorasi bergaya retro, rustic dan klasik. Parutan yang tidak menarik ternyata bisa jadi fungsional untuk menghias rumah dengan cara yang unik.
Cara mudah merawat parutan agar tetap dalam kondisi baik adalah dengan langsung membersihkan dan mengeringkannya segera setelah digunakan. Sikat parutan begitu muncul karat, bisa dengan menggunakan kola (coca cola atau pepsi) atau baking soda untuk membersihkan karat yang muncul.

Berikut 10 cara kreatif memanfaatkan parutan bekas:

- Tempat pensil
Balikkan parutan, lalu tempel di dinding atau lemari belajar. Parutan ini bisa jadi tempat pensil atau alat tulis yang lain. Mudah, kan?
Foto : Recyclart

- Wadah alat dapur
Parutan adalah alat dapur, jadi kenapa tidak memanfaatkan parutan lama untuk menyimpan alat dapur. Sendok, garpu, pisau, atau lap, bisa disimpan dengan rapi di parutan bekas.
Foto : Home Road

Foto : Diply

- Memajang anting
Cara mudah yang lain untuk memanfaatkan parutan adalah dengan menjadikannya dudukan anting. Gunakan cat semprot untuk memberi warna baru pada parutan agar tampak lebih menarik, dan setelah kering, mulailah memajang anting-anting. Lubang-lubang pada parutan cocok untuk mengaitkan anting-anting dan menjaga anting-anting tersimpan dengan rapi.

- Memajang foto
Walau hanya bisa memajang foto berukuran kecil, tapi tetap unik menarik.

Tambah juga alat dapur yang lain seperti sendok, cangkir, atau saringan kecil, ikat semuanya dan jadilah lonceng angin unik dari peralatan dapur.
Foto : RR Design13
- Kap lampu dari parutan
Kap lampu dari parutan adalah penemuan penerangan kreatif yang benar-benar menarik perhatian mata. Coba lihat saja foto-foto di bawah ini. Gantung parutan pada langit-langit untuk menjadikannya lampu gantung,
Foto : Gentle Mint

Foto : pinimg

atau gunakan cara sederhana dengan menjadikannya kap lampu meja. Hanya perlu pasang lampu biasa di atas meja lalu tutup dengan parutan.

Selain lampu, bisa juga menggunakan lilin untuk dapatkan penerangan bergaya rustic sekaligus romantis di rumah. Hanya perlu menutup lilin dengan parutan, lalu tambahkan bunga-bunga di sekitarnya sebagai ornamen.

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --