Kartu Warna (Paint Chip / Paint Swatches)

Kartu Warna (Paint Chip / Paint Swatches) adalah kartu yang di permukaannya diberi warna untuk menunjukkan contoh warna cat yang tersedia. Dalam bahasa Inggris kartu warna disebut Paint Chip atau Paint Swatches.

Beberapa produsen cat sengaja membuat kartu warna cat ini sebagai sample dari warna cat yang mereka jual.
Contoh kartu warna cat  tembok Propan

Contoh warna cat Dulux. Foto: A Beach Cottage

Di luar negeri, biasanya produsen cat memberikan kartu warna pada toko/penjual, dan penjual memberikan kartu warna cat ini secara cuma-cuma pada pembeli cat mereka.


Lucu-lucu, kan warna dan bentuknya? Karena penampilannya yang menarik dan bisa didapat gratis, di luar negeri banyak orang kreatif memanfaatkan kartu warna ini untuk membuat berbagai kreasi, seperti: kartu ucapan, jam dinding, pembatas buku, dan lain-lain.

Kalau di Indonesia memang umumnya toko/produsen cat hanya menyediakan katalog contoh warna cat,  jarang ada yang menyediakan sample warna dalam bentuk kartu.

Seperti ini contoh katalog warna cat yang biasa ada di toko cat di Indonesia.

  
Saya tidak tahu katalog ini bisa didapat secara cuma-cuma atau tidak oleh pembeli cat, tapi walaupun bisa, jenis kertas dan bentuknya tidak semenarik kartu warna.

Kalau di Indonesia produsen dan penjual cat memberikan kartu warna cat gratis untuk konsumen, saya akan mengambil banyak. Karena ada banyak kreasi yang ingin saya buat dari kartu warna cat.

Artikel ini bagian dari series Kartu Warna:


-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --