7 Langkah Mudah Memulai Berkebun Secara Organik

7 Langkah Mudah Memulai Berkebun Secara Organik
Banyak yang tertarik untuk berkebun secara organik tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Padahal berkebun secara organik tidak sulit, baik dilakukan di lahan ataupun di pot.

Berikut 7 langkah mudah memulai berkebun secara organik :

1. Pilih Lokasi
Bisa dilakukan di lahan atau di pot, yang terpenting adalah pilih lokasi berkebun yang terlindung dari angin dan cuaca buruk. Juga pastikan tanaman bisa mendapat sinar matahari yang dibutuhkan, serta memiliki tanah dan drainase yang baik.

2.  Tingkatkan Kualitas Tanah
Campur tanah dengan kompos. Selain untuk menggemburkan, tanah juga jadi lebih bernutrisi untuk pertumbuhan tanaman.

3. Pilih Jenis Tanaman
Pilihlah bibit tanaman organik yang memiliki kualitas baik. Pilih juga beberapa jenis tanaman untuk ditanam berdampingan. Tanaman pendamping bisa digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit.

4.  Desain Tata Letak Kebun
Selain memilih lokasi tanam yang baik, desain tata letak kebun juga harus diperhatikan. Beberapa tanaman baik ditanam bersamaan untuk saling membantu pertumbuhan  dan mengendalikan hama. Tapi ada juga tanaman yang harus dijauhkan karena bisa jadi parasit bagi tanaman lain.
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca Tanaman Pendamping untuk Sayuran Sehat Bebas Hama

5. Beri Makan Tanamanmu
Tanaman perlu diberi pupuk secara rutin. Pupuk organik bisa didapat dari dapur, seperti: ampas kopi, ampas teh, kulit udang, dll. Tabur pupuk organik selebar 3-6cm di sekeliling tanaman.

6.  Gunakan Mulsa Organik
Mulsa adalah material penutup media tanam untuk menjaga kelembaban tanah, dan mencegah pertumbuhan rumput dan hama penyakit. Mulsa organik yang banyak digunakan adalah arang, sabut kelapa, bubuk kayu, jerami, cacahan ranting, dan daun kering. Mulsa organik akan secara alami menjadi kompos dan menyatu dengan tanah karena proses organisme, hal ini juga bisa mengundang cacing tanah yang bermanfaat untuk tanaman. Menggunakan mulsa organik juga lebih murah dan mudah didapat, daripada menggunakan bahan sintetis seperti plastik atau karung.

7. Siram Tanaman
Siram tanaman segera setelah ditanam, lalu rutin siram lagi setiap hari. Waktu menyiram yang paling baik adalah pagi hari. Menyiram pagi hari bisa menghemat air karena tanaman dalam keadaan basah oleh embun, juga bisa mencegah perkembangan hama penyakit tanaman.

Tahukah kamu? Rata-rata orang menghabiskan waktu 5 jam per minggu  atau 43 menit per hari untuk merawat kebun mereka. Ternyata tidak selama yang dikira.

Itu dia, 7 langkah mudah memulai berkebun secara organik. Selamat berkebun.

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --