Cara Menjaga Buah dan Sayur Segar Lebih Lama

March 16, 2016
Tahukah Anda bahwa rata-rata 25% makanan dan minuman dalam rumah tangga dibuang karena basi?
Tahu cara menjaga makanan agar tetap segar alami bisa mencegah makanan terbuang percuma, dan menghemat biaya belanja Anda.

Cara Menjaga Buah dan Sayur Segar Lebih Lama
Kulkas adalah tempat terbaik untuk menjaga sayur dan buah tetap segar, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
- Simpan sayur dan buah secara terpisah, karena bisa timbul ethylene* yang mempercepat kebusukan
- Bungkus sayur atau buah dengan plastik, lalu simpan dalam laci kulkas
- Saat menyimpan tanaman herbal, potong sedikit bagian ujungnya, simpan secara tegak dalam gelas berisi air (seperti bunga dalam vas), lalu tutup dengan plastik.

Untuk menjaga apel tetap segar, hindarkan apel dari sinar matahari langsung. Bisa disimpan dalam mangkuk tertutup, atau disimpan dalam kantong plastik berwarna dan berlubang kecil-kecil agar uap bisa keluar.

Sayur dan buah sangat penting untuk hidup sehat, tapi harganya tidak murah terutama sayur dan buah organik. Karena itu, simpan sayur dan buah dengan baik agar tetap bisa makan 5-9 porsi per hari, bukannya membiarkan sayur dan buah itu membusuk lalu membuangnya percuma.

*)Ethylene: Gas tanpa bau, tanpa rasa, dan tidak berbahaya dikeluarkan dari sayur dan buah setelah sayur dan buah itu dipetik. Semua sayur dan buah mengeluarkan ethylene, tapi ada yang banyak dan ada yang sedikit. Ethylene bisa membuat sayur dan buah cepat matang sampai membusuk, apalagi kalau sayur dan buah disimpan berdekatan di ruang tertutup (termasuk dalam kulkas).

Ethylene tidak selalu buruk kalau dimanfaatkan dengan tepat, misalnya dengan menyimpan apel bersama alpukat bisa membuat alpukat lebih cepat matang.

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --