8 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Ruangan

March 11, 2016
8 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Ruangan
8 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Ruangan
Lapisan cat yang baru bisa memberi hidup baru pada sebuah ruangan. Tergantung warna cat yang dipilih, hasilnya bisa memberi semangat atau justru mengintimidasi.
Kebanyakan orang  akan membayar orang lain untuk mengecat, tapi tidak sedikit juga yang memilih mengecat sendiri. Karena dengan mengecat sendiri, kita bisa bebas berkreasi. Mulai dari memilih jenis dan warna cat, hingga bereksplorasi dengan motif dan gambar.
Dikerjakan oleh orang lain atau mengecat sendiri, prosesnya tetap sama, yang terpenting adalah persiapan agar hasilnya tidak berantakan.

Berikut adalah 8 hal yang perlu dilakukan sebelum mulai mengecat:

1. Pindahkan atau tutupi barang-barang di ruangan
Semakin sedikit barang yang harus dipindahkan, semakin baik. Supaya lebih leluasa saat mengecat, dan untuk memastikan barang-barang di ruangan tidak terkena noda cat. Untuk perabot atau furniture besar, cukup dorong ke tengah ruangan lalu tutup dengan plastik atau kain yang bisa melindungi perabot dari noda cat.

2. Bersihkan ruangan
Setelah ruangan kosong, bersihkan ruangan secara seksama. Dengan sapu atau vacuum cleaning, yang penting dinding ruangan yang akan dicat bebas debu dan kotoran.

3. Tutupi lantai
Gunakan plastik atau koran bekas untuk menutupi lantai atau bagian dinding yang tidak ingin dicat.

4. Tambal lubang 
Lubang-lubang kecil bekas paku, atau retakan-retakan kecil adalah hal yang biasa terjadi pada dinding. Sebelum mengecat, tambal lubang dan retakan tersebut dengan cat dasar, atau gunakan semen jika lubangnya lebih besar. Pastikan untuk menambalnya dengan rapi hingga tidak ada tonjolan.

5. Lap dinding
Gunakan kain basah untuk membersihkan permukaan dinding dari sisa semen yang berantakan bekas menambal lubang. Campuran air hangat dan sabun pembersih bisa membersihkan dinding dengan baik.

6. Lepas atau tutupi peralatan listrik
Lepaskan sakelar, lampu, dan semua peralatan listrik untuk menghindari bahaya. Kalau tidak bisa dilepas, tutupi dengan lakban serapih mungkin. Simpan peralatan listrik dalam plastik beserta baut dan perlengkapannya, untuk memudahkan pemasangan kembali setelah proses pengecatan selesai.

7. Tutupi dengan lakban
Gunakan lakban untuk menutupi sakelar atau peralatan listrik yang tidak bisa dilepas. Lakban juga berguna untuk menutupi gagang pintu, ujung kaca pada jendela, atau bagian lain yang tidak akan dicat.

8. Lapisi dengan cat dasar
Setelah proses membersihkan dan menambal selesai, lapisi dinding atau permukaan yang akan dicat dengan cat dasar. Ini bukan kewajiban, tapi jika Anda mengecat permukaan yang glossy atau berwarna gelap, cat dasar akan memudahkan proses pengecatan berikutnya dan memberi hasil yang lebih baik.

Setelah semua persiapan dilakukan, baru proses pengecatan bisa dimulai. Daftar persiapannya mungkin terlihat melelahkan, tapi percayalah, itu sepadan dengan dengan hasil yang akan didapat. Kalau semua dilakukan dengan benar, tidak akan ada perabot yang terciprat cat, sakelar atau alat listrik yang rusak akibat tertutup cat, dan kita tidak harus membersihkan kaca atau lantai yang kotor oleh cat.

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --