Tanaman Pendamping untuk Sayuran Sehat Bebas Hama

Tanaman Pendamping untuk Sayuran Sehat Bebas Hama
Tanaman Pendamping untuk Sayuran Sehat Bebas Hama
Tanaman pendamping (companion planting), di Indonesia dikenal dengan istilah tanaman sela atau tumpang sari. Istilah berbeda untuk praktik yang sama, yaitu menanam beberapa jenis tanaman di satu tempat yang sama. Tanaman yang paling sering didampingkan adalah jagung dan kedelai. Jagung membutuhkan nitrogen tinggi, dan kedelai bisa menangkap (memfiksasi) nitrogen dari udara bebas sehingga dapat memberikan kadar nitrogen yang cukup untuk jagung. Hasilnya, jagung dan kedelai yang saling melengkapi bisa tumbuh dengan baik.

Tanaman pendamping adalah cara bertanam terbaik bagi yang ingin berkebun secara organik, meski memiliki lahan sempit. Tanaman pendamping bisa membuat tanaman tumbuh lebih baik, mengundang serangga baik, menyingkirkan hama, dan memperbaiki kondisi tanah. Belum termasuk menghasilkan panen beragam dari kebun yang sama.

Tentu, tidak semua tanaman baik ditanam bersamaan karena bisa menyebabkan pembusukan akar dan masalah lain. Seperti tanaman tomat yang harus dijauhkan dari tanaman kubis dan brokoli. Daftar tanaman yang bisa disandingkan dan tanaman yang harus berjauhan dijelaskan dalam gambar di bawah:

Daftar Tanaman Pendamping untuk Sayuran bag.1
Tanaman Pendamping untuk Sayuran Sehat Bebas Hama, bag. 1
Daftar Tanaman Pendamping untuk Sayuran bag.2
Tanaman Pendamping untuk Sayuran, bag. 2

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --