14 Cara Pintar Mendekorasi Ruangan Sempit

Semakin kecil ruangan, semakin sulit menatanya. Tentu, pemilik rumah besar juga bisa memiliki kesulitan untuk mengisi rumahnya, tapi pemilik rumah besar tidak akan mengerti sulitnya mengatur ruangan agar cukup untuk semua kebutuhan pemilik rumah kecil. Antara memilih sofa yang empuk atau menggantinya dengan kursi kecil supaya tidak sempit, hanya salah satu dari kesulitan yang dihadapi pemilik rumah kecil. Walau begitu, kalau tahu teknik yang tepat -seperti 14 cara yang dipaparkan di bawah- memiliki rumah kecil tidak akan lagi menjadi sumber stress.

1.  Pilih partisi daripada dinding
Gambar : KootutMoorut
Rumah dengan ruangan yang terbuka akan terasa lebih luas dibanding rumah yang terkotak-kotak oleh banyak dinding dan pintu, misal dinding yang memisahkan ruang keluarga dengan ruang makan. Jika membutuhkan privasi, sebagai alternatif gunakan partisi atau tirai, ini juga akan memberi kesan ruang lebih dekoratif.

2. Cat ruangan dengan warna cerah
Warna cerah akan membuat ruangan terlihat lebih terang dan luas, dibanding cat warna gelap. Kalau tinggal di rumah kontrakan atau kosan, dan tidak diizinkan untuk mencat dinding, maka pilih atau cat furniture dengan warna cerah. Cara ini juga lebih hemat karena cat yang dibutuhkan untuk furniture pastinya tidak sebanyak untuk dinding.

3. Fungsi ganda atau multifungsi
Gambar : Dezeen
Menggunakan ruangan atau perabot yang memiliki fungsi ganda atau multifungsi. Contoh di atas adalah tangga sekaligus meja kerja dan rak.

4. Gunakan setiap senti ruangan dengan teliti
Gambar : Havens Pie
Misalnya dengan memanfaatkan ruangan di bawah tangga, di bawah tempat tidur, dan lantai.

5. Manfaatkan tinggi ruangan

Jika lebar ruangan tidak lagi mendukung, manfaatkan tinggi ruangan dengan membuat loteng, atau furniture bertingkat.

6. Manfaatkan dinding sebaik mungkin
Gambar : Misha Gravenor
Gunakan dinding untuk memasang rak gantung, papan jurnal, ataupun menggantung berbagai perabot.

7. Pasang rak/ lemari tinggi
Gambar : Refinery29

Pasang rak/lemari setinggi dinding hingga mendekati langit-langit. Lemari tinggi akan membuat ruangan terlihat lebih besar. Selain itu, lemari pendek yang memanjang ke samping akan memakan lebih banyak ruang dinding.
Gambar : Decoholic

8. Pasang tirai tinggi
Memasang tirai tinggi hampir setinggi langit-langit akan memberi ilusi jendela tinggi, hasilnya ruangan terlihat lebih tinggi dan luas.

9. Pasang cermin besar
Cermin besar dan dipasang dengan tepat bisa membuat ruangan terkesan dua kali lebih besar. Gunakan pigura cermin yang sesuai dengan dekorasi ruangan.

10. Simpan dengan rapi
Ruangan yang kecil membuat kita fokus pada hal-hal kecil. Bahkan satu gelas yang tidak disimpan pada tempatnya bisa membuat ruangan tampak berantakan. Karena itu, simpan perabot-perabot kecil seperti aksesoris, peralatan makan, alat-alat pembersih dengan rapi di dalam lemari, laci, ataupun rak.
Gambar : DesignSponge

11. Pasang lemari atau rak multifungsi di dekat pintu keluar
Gambar : ABeautiful Mess
Bukan hanya sebagai rak sepatu, lemari ini juga berfungsi untuk menyimpan jaket, jas hujan, payung, dan tas. Simpan dengan rapi di rak, dan mudah dijangkau setiap kali akan keluar rumah.

12. Pilih ukuran furniture yang sesuai
Gambar : PBTeen
Tidak lucu memilih perabot besar untuk ruangan yang sempit. Pilih ukuran yang sesuai, yang tetap nyaman digunakan tanpa mempersempit ruangan.

13. Jadi kreatif dan jangan takut untuk tampil beda
Gambar : Yiconglu
Rumahmu istanamu. Jangan takut melanggar aturan dekorasi. Buat rumah senyaman mungkin untuk kita tempati, dengan memilih perabot, warna, dan tata letak yang sesuai untuk kita. Jika kesulitan memperoleh furniture yang sesuai, cobalah untuk membuat atau memodifikasinya sendiri. Menggunakan perabot untuk fungsi yang berbeda, atau mendaur ulang perabot lama agar lebih berguna dan sesuai dengan keinginan kita sangat disarankan.

14. Menahan diri dari belanja
Tahan diri untuk tidak sering membeli perabot /aksesoris yang sebenarnya tidak penting, dan yang akhirnya akan mempersempit ruangan. Buat daftar belanja dan pastikan untuk patuh pada daftar yang dibuat, selain hemat juga akan menghindarkan kita dari menjadi ‘penimbun’.

3 comments

-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --