Tips Membuat Kue Lumpur dari Umbi-Umbian

Tips Membuat Kue Lumpur dari Umbi-Umbian
Banyak yang bilang bahwa nama unik kue lumpur diambil dari tekstur kuenya yang begitu lunak dan lembut layaknya lumpur. Kue yang aslinya berasal dari Surabaya ini awalnya dibuat dari campuran terigu, gula, telur dan santan, dengan kismis sebagai toppingnya. Sejalan dengan perkembangan waktu, kue lumpur kemudian menjadi semakin beragam. Ada yang menambahkan kentang kukus yang dilembutkan agar teksturnya lebih lembut, ada pula yang menjadikan singkong dan umbi-umbian lain sebagai bahan utama. Rasanya juga semakin beragam, tidak hanya manis, tapi ada juga rasa asin, gurih, dan pedas –tanpa meninggalkan ciri khas kue lumpur, yaitu lunak dan lembut. 

Tips yang perlu diperhatikan saat membuat kue lumpur dengan umbi-umbian sebagai bahan utamanya:

1. Selalu kukus dahulu umbi sebelum dicampur dengan bahan lainnya, agar tekstur kue lembut dan mudah dibentuk.
2. Gunakan umbi dengan rasa tawar seperti talas, suweg, singkong atau kentang untuk membuat kue Lumpur dengan rasa gurih.
3. Jangan menggunakan margarin terlalu banyak karena bisa menyebabkan kue berlubang dan berminyak, tambahkan sedikit saja untuk menambah rasa.
4. Tuang adonan saat cetakan sudah dipanaskan dan masak di atas api paling kecil, lalu tutup adonan agar matangnya merata hingga ke bagian dalam kue. Cara ini juga bisa menjaga agar kue lumpur tidak mengempis (cekung) saat diangkat dari cetakan.
5. Angkat kue lumpur yang sudah matang dengan spatula tipis atau sutil kecil yang tipis agar tidak merusak tampilan kue.
6. Kue lumpur dapat dicetak dalam cetakan cekung dengan beragam ukuran dan jenis. Mulai dari cetakan yang terbuat dari besi, kuningan, alumunium cor (diral), cetakan anti lengket, juga bisa diganti dengan cetakan cup cake, dengan durasi pemanggangan yang sama.
7. Agar cetakan besi, aluminium dan kuningan tidak lengket, saat baru membeli cetakan, sebaiknya segera mencuci cetakan, lumuri dengan kelapa parut dan panaskan cetakan hingga kelapa parut tersebut mengeluarkan minyak. Kemudian bersihkan kembali cetakan dengan cara dilap dengan kain bersih (jangan dicuci).
8.   Jika menggunakan cetakan besi, cara untuk membersihkannya cukup dengan menggunakan lap kering saja (jangan dicuci), karena cetakan dapat berkarat.

Resep Kue Lumpur yang perlu dicoba: Lumpur Ubi Pandan Kelapa
Itu dia tips-tips membuat kue lumpur dari umbi-umbian. Selamat memasak kue lumpur.


-- Tolong jangan berkomentar kasar/spam/p*rn, dan jangan tinggalkan link aktif :) --